Laman

Wednesday, February 29, 2012

Tranformasi budaya tokoh Ikal dalam novel Edensor karya Andrea Hirata

A.     Latar belakang masalah
Karya sastra merupakan hasil kreatifitas dari pengarang yang memiliki nilai estetika dan nilai-nilai pendidikan. Oleh karena itu, karya sastra dapat memberikan pengaruh terhadap cara berpikir seseorang mengenai berbagai aspek kehiupan. Sastra tidak hanya dinilai sebuah karya seni yang memiliki budi, imajinasi, dan emosi tetapi telah dianggap sebagai karya kreatif yang dimanfaatkan untuk konsumsi intelektual disamping konsumsi emosi (Semi, 1990: 1). Artinya bahwa didalam cerita banyak ditemukan tema-tema yang bermanfaat bagi pendidikan bagi anak-anak dan masyarakat pembaca sastra, dan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan nilai-nilai edukatif.

Sebagai bentuk seni, karya sastra bersumber dari kehidupan sehari-hari yang kemudian dipadukan dengan imajinasi pengarang itu sendiri. Maksudnya seorang pengarang dalam mencipatakan sebuah karya sastra diilhami oleh pengalaman dalam kehidupannya.

Karya sastra merupakan karya seni yang memiliki dunia tersendiri yang berrbeda dengan karya seni lainnya. Hal ini disebabkan  karena karya sastra selain memiliki nilai estetis, juga mengandung berbagai pengetahuan yang dapat mempengaruhi kehidupan pembacanya.

Salah satu bentuk karya sastra adalah novel termasuk dalam karya sastra yang paling populer. Novel merupakan bentuk karya sastra yang paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, sebab daya komunikasinya cukup luas terhadap masyarakat
.
Banyak pengarang Indonesia yang telah menciptakan karya sastra yang bermutu, salah satunnya adalah Andrea Hirata seorang penulis asal Bangka Belitong yang membuat Tetralogi Novel yang berjudul laskar pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan yang terakhir Maryamah Karpov.
Andrea Hirata seorang penulis yang lahir dan dibesarkan didaerah asalnya yaitu bangka Belitong yang juga seorang pegawai BUMN ini sebenarnya tidak mempunnyai latar belakang sebagai penulis buku, sebab dia tidak pernah benar-benar menempuh pendidikan secara formal yang mempelajari tentang seluk beluk karya sastra, tetapi beliau mampu menulis Novel Tetralogi sekaligus dengan gaya Realis yanng bertabur metafora yang benar-benar diminati oleh banyak pembaca dari berbagai kalangan, bahkan novelnya juga menjadi salah satu novel Best Seller di negara tetangga.

“meski masih terlalu Hipotenik, karya Andrea diterima secara luas mungkin juga karena pembaca kita jenuh akan sajian metrotop bertema urban super ringan, pornografi, hedonistik, dan mulai mendamba tulisan yang lebih berkapasitas. Andrea mengobati kehausan para pecinta buku akan buku-buku Indonesia yang bermutu (Kompas, 11 November 2006)”.

Dalam novel edensor karya ke tiga dari tetralogi yang ditulisnya, Andrea mencerittakan tentang perjalanan hidup tokoh Ikal yang mendapatkan Beasiswa strata dua Uni Eropa di Universitas Sorebonne Perancis. Selama menuntut ilmu di Perancis dia mengalami berbagai Tranfosmasi Budaya dari yang awalnya tinggal di Bangka belitong yaitu daerah yang agak tertinggal, dan kini dia harus hidup di negeri orang yang jelas Budayanya akan sangat jauh berbeda dengan tempat tinggalnnya semula. Hal itu secara tidak disadari menimbulkan konflik psikologis atau kejiawaan yang disebabkan karena tranformasi budaya yang sangat jauh yakni budaya timur yang penduduknya ramah, mengutamakan sopan santun, saling tolong menolong berbeda dengan budaya barat yang selalu acuh terhadap orang lain dan hanya memikirkan kepentingan bagi dirnya sendirinya. Konflik tersebut juga dapat disebabkan oleh barbagai faktor lainnya. Saat menempuh pendidikan di Sorebonne, Ikal mengenal beberapa teman yang berasal negara-negara lain, dan disitulah mereka saling belajar dan merasa satu nasib karena jauh dari keluarga dan sama-sama tinggal di daerah yang budayanya berbeda jauh dengan daerah asal mereka masing-masing.

Pada suatu liburan, Ikal yang mempunyai cita-cita untuk mengelilingi dunia, bersama-sama dengan teman-teman dari negara lain itulah mereka memutuskan untuk mengadakan semacam perjalanan berkeliling Eropa dengan uang saku yang terbatas. Selama perjalanan mereka melakukan apapun yang tentunya halal untuk bertahan hidup, misal disuatu tempat mereka mendapatkan ide untuk mengamen, jadi badut jalanan, atau hal-hal lain untuk mendapatkan uang untuk sekedar menyambunng hidup di Negeri orang. Yang pasti mereka menunjukkan bahwa niat adalah yang paling utama yang diperlukan untuk menghadapi berbagai kemungkianan di dunia ini.

Di novel ini, pengarang bercerita tentang keberanian bermimpi, kekuatan cinta, pencarian jati diri, dan penaklukan-penaklukan yang gagah berani. Yaitu mimpi seorang laki-laki dari keluarga sederhana, anak dari seorang buruh tambang timah di daerah tertinggal yang bercita—cita untuk menuntut ilmu di Universitas terkenal di dunia yang mana akhirnya mimpi itu menjadi nyata dengan sebuah keyakinan dan usaha tanpa lelah untuk meraih puncak tertinggi kehidupan. Novel ini memotivasi pembaca agar tidak takut untuk bermimpi atau bercita-cita setinggi apapun. Semua hal didunia akan mampu diraih jika kita memiliki niat yang kuat dengan usaha tanpa lelah.

B.      Rumusan masalah
Setelah membaca, memahami, dan mengamati novel “Edensor” secara keseluruhan, maka dapat diperoleh gambaran kehidupan suatu masyarakat dengan segala permasalahannya. Penelitian ini akan menyoroti masalah yang ada didalam novel. Dari masalah yang ada memunculkan rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana Tranformasi Budaya yang dialami tokoh Ikal dalam Novel yang berjudul Edensor karya Andrea Hirata?
2.      Bagaimana cara Ikal mengatasi Tranformasi Budaya pada saat menuntut ilmu di Eropa yang sangat jauh perbedaannya dengan pada saat dia hidup dan di besarkan di kota kelahirannya Belitong?

C.      Tujuan penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Mendeskripsikan Tranformasi budaya tokoh Ikal dalam novel “Edensor” karya Andrea Hirata.
2.      Mendeskripsikan cara mengatasi Tranformasi budaya tokoh ikal dalam novel Edensor karya Andrea Hirata.

untuk download file diatas klik disini

No comments: