Laman

Wednesday, February 29, 2012

KONFLIK PSIKOLOGI TOKOH ARI DALAM CERPEN “IBU” KARYA SUMARTONO


A.     Latar belakang masalah
Karya sastra merupakan sebuah karya seni yang diciptakan oleh pengarang berdasarkan pengalamannya. Diciptakan melalui proses pengamatan dan pemikiran yang panjang serta mendalam sehingga membentuk sebuah karya yang syarat akan keindahan. Selain memiliki nilai keindahan, karya sastra juga memiliki nilai-nilai lainnya yang dapat mempengaruhi kehidupan pembacanya.
Salah satu bentuk karya sastra adalah cerpen, termasuk karya sastra yang paling dinikmati, sebab daya komunikasinya cukup berdampak besar bagi pembacanya.
Banyak penulis cerpen di Indonesia yang telah menghasilkan berbagai jenis karya sastra yang bermutu. Salah satunya adalah Sumartono yang menulis cerpen yang berjudul “Ibu”. Cerpen ini menceritakan tentang tokoh Ari yang merasa mendapat perhatian dan kasih sayang yang tidak adil dari ibunya. Tokoh Ari merasa ibunya lebih menyayangi adiknya yang bernama tito dibandingkan dengan dirinya. Ketika malam hari menjelang tidur, ibu menyuruh Ari tidur dilantai tanpai alas sedangkan adiknya tidur diranjang bersama ibu. Namun dibalik itu semua Ari masih beruntung karena mendapat perlakuan kasih sayang dari kakak perempuannya yang bernama Sumi. Kondisi demikian secara tidak langsung mempengaruhi kepribadian ari.
Dari hal diatas, penelitian ini mencoba untuk meneliti bagimana aspek psikologis yang dihadapi oleh tokoh Ari karena mendapatkan perlakuan yang tidak adil dari ibunya.
B.      Rumusan masalah
Dari latar belakang di atas, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah konflik psikologis yang dialami oleh tokoh Ari dalam cerpen “ Ibu” karya Sumartono?
C.      Tujuan penelitian
Adapun penelitian ini yaitu bertujuan untuk mendiskripsikan konflik psikologis yang terjadi pada tokoh Ari dalam cerpen “Ibu” karya Sumartono.

download file diatas disini

No comments: