Laman

Wednesday, February 29, 2012

aspek psikologi novel bumi cinta


A.     Judul penelitian
Aspek psikologi tokoh utama dalam novel “bumi cinta” karya Habiburrahman El Shirazy.
B.     Latar belakang
Karya sastra merupakan cerminan kehidupan manusia. Sebagai cerminan kehidupan manusia, maka karya sastra mampu membuat pembaca membayangkan dan menghayati pengalaman manusia sewajarnya. Secara garis besar fungsi karya sastra  sebagaimana dikatakan Horatio Dalh duice et litile (menyenangkan dan  berguna). Dianggap berguna karena pengalaman jiwa yang dibeberkan dalam kongkretisan cerita, dan dikatakan menyenangkan karena pembeberannya.
Karya sastra dibuat untuk menghibur dan karya sastra bukanlah alat untuk menyampaikan wejangan-wejangan pendidikan, nilai=niai psilogis, akan tetapi karya sastra merupakan jalinan atau perpaduan antara keduanya. Karya sastra pula merupakan produk dari suatu kejiwaan dan pemikiran pengarang yang berada di situasi setengah sadar setelah mendapatkan bentuk yang jelas dituangkan ke dalam bentuk penciptaan karya sastra (Semi, Atar 1993: 77).
Salah satu aspek kreativitas yang dimiliki oleh pengarang adalah kepribadian. Aspek ini penting sebagai dasar dalam memberikan perlakuan yang sesuai kepada seseorang untuk mengembangkan kreatifitasnya. Penelitian ini bertoalak pada aspek psikologis. Asumsi dasar penelitian psikologi sastra antara lain dipengaruhi anggapan bahwa karya sastra merupakan produk suatu kejiwaan dan pemikiran pengarang yang berada pada situasi setengah sadar. Kajian psikologis juga aspek-aspek pemikiran dan perasaan ketika menciptakan karya tersebut (Endraswara, 2003).
Novel yang digunakan sebgai bahan dalam penulisan ini adalah “Bumi Cinta” karya Habiburrahman El Shirazy yang mengisahkan tentang pemuda muslim dari Indonesia yang sangat taat yang bernama Muhammad Ayyas yang harus melakukan penelitan di negara Rusia yang terkenal dengan budaya feesex. Sebagai seoarang muslim yang sangat taat, pemuda tersebut mengalami pergolakan jiwa atau konflik batin karena harus berada di tengah-tengah lingkungan yang memiliki kebiasaan yang sama sekali tidak sesuai atau bertentangan dengan ajaran agama yang selama ini ia yakini. Bertolak dari hal itu peneliti termotifasi untuk meneliti lebih lanjut aspek psikologis yang ada pada novel tersebut dengan judul penelitian “Aspek Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy”.
C.      Permasalahan
Perumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aspek psikologis tokoh utama dalam novel “Bumi Cinta” karya Habiburrahman El Shirazy?
D.     Tujuan penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah di atas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek psikologis tokoh utama dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy.

download file diatas disini

No comments: