Laman

Sunday, December 25, 2011

MAKALAH= PERKEMBANGAN SKATEBOARD


BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
Dalam perkembangan dunia globalisas siapa tak kenal dengan skateboard? Papan seluncur yang bisa meluncur di jalanan tanpa harus menunggu datangnya ombak. Papan seluncur dengan ukuran lebar 7 sampai 8 inchi dan panjang 30 sampai 32 inchi itu, menjadi salah satu sarana olah raga yang digemari oleh para pemuda, terutama yang menyukai olah raga ekstrim. Bukan hanya dikenal oleh penduduk lokal Amerika saja, tetapi permainan ini sudah mendunia, bahkan sampai di kalangan pemuda Indonesia.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah sejarah perkembangan skateboard itu sendiri?
2.      Siapa sajakah tokoh-tokoh yang ada dalam dunia skateboard?
3.      Teknik apa sajakah yang ada dalam permainan skateboard?

C.     Tujuan Penelitian
1.      Mempelajari perkembangan permainan skateboard.
2.      Mengenal tokoh-tokoh yang ada dalam dunia skateboard.
3.      Mempelajari teknik-teknik permainan skateboard yang ada.


BAB II
PERKEMBANGAN SKATEBOARD

A.     Awal Perkembangan Skateboard
1.      Awal Terciptanya Skateboard
Pertama kali diciptakan,(sekitar tahun 1940-1950) skateboard berbentuk seperti papan surfing yang kemudian bawahnya diberi roda (roller skate) dan tongkat kemudi (mirip otoped). Skateboard diciptakan pertama kali oleh pemuda-pemuda yang menyukai surfing di California, Amerika Serikat. Alat ini digunakan sebagai alat alternatif jika tidak ada ombak yang bagus di sana (oleh karena itu sering disebut sidewalk surfing).
Memasuki tahun 1960, skateboard mulai diproduksi besar-besaran oleh perusahaan Roller Derby Skateboard dan perusahaan Makaha. Melihat perkembangan Skateboard yang semakin pesat, pada tahun 1967 Larry Stevenson, menerbitkan majalah yang khusus membahas dunia Skateboard, majalah tersebut bernama Surf Guide. Pada tahun yang sama pula, Stevenson membuat sebuah kompetisi skateboard pertama di Pier Avenue Junior School, Hermosa, California.
Setelah sempat populer, yang ditandai dengan berbagai kompetisi internasional, namun pada tahun 1967 pamor skateboard anjlok. Papan selancar darat yang menggunakan roda berbahan dasar mirip keramik ini licin dan tak bisa mencengkeram jalan. Alhasil banyak skater cidera, bahkan meninggal dunia, saat bermanuver. Parahnya, beberapa kota di Amerika mengeluarkan larangan bermain skateboard. Industri skateboard pun tersungkur. Perusahaan besar seperti Makaha merugi dan gulung tikar.
Pada tahun 1970 Frank Nasworthy, melalui perusahaannya Cadillac Wheels, mengembangkan roda berbahan dasar polyurethane, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Cadillac. Dia berharap agar orang yang gemuk pun bisa membeli papan skate dan memakainya.
Melihat kejayaan skateboard, maka semakin banyak perusahaan-perusahaan yang saling berlomba-lomba untuk menjadikan lahan ini sebagai ladang bisnis mereka. Salah satunya ialah Tracker Trucks yang berdiri pada tahun 1976. Skateboard yang dihasilkannya pun jauh lebih bagus dari skateboard yang sebelumnya di pasaran. Banana Board menjadi papan yang cukup menjadi trend pada saat itu, bentuknya yang ringkas dan elastis membuat papan yang satu ini laris di pasaran. Belum lagi permainan warna dan desain yang sangat menarik yang terdapat pada papan tersebut. Kejayaan tersebut memang tidak bertahan lama, biaya yang sangat besar untuk membuat skate park menjadi sebuah masalah pada era tersebut.

2.      Awal Skateboard Masuk Ke Indonesia
Di Indonesia sendiri perkembangan olahraga skateboard ini masih tergolong sangat baru yakni sekitar tahun 80-an, pada era tersebut ada beberapa orang Indonesia yang menekuni olahraga ini. Peminatnya pun semakin banyak sejalan dengan waktu meskipun pada masa itu tidak pernah diadakan kejuaraan skateboard di Indonesia. Para skater mendapatkan informasi tentang skateboard dengan cara menonton video atau membaca majalah skateboard dari luar negeri. Cara mendapatkannya pun tergolong tidak gampang, cara termudah biasanya salah seorang teman memiliki kakak atau orang tua yang bekerja di luar negeri dan menitipkan oleh-oleh berupa video ataupun majalah skateboard, bahkan mungkin ada yang dibelikan skateboard lengkap, yang masih tergolong sulit dibeli di Indonesia.
Pada pertengahan tahun 90-an semakin banyak pemuda yang bermain skateboard karena sudah ada skateshop yang menjual peralatan skateboard secara lengkap meskipun tidak dengan legal license. Pada tahun 1996 Mr. Craig Huddleston membuka sebuah toko yang menjual Surf, Skate and Street Apparel dengan nama City Surf. Toko tersebut menjual segala pernak-pernik peralatan untuk surfing maupun skateboarding. Dengan perkembangan pemikiran yang semakin kritis atas potensi skateboard di Indonesia, akhirnya Mr.Craig selaku pemilik City Surf memiliki inisiatif untuk menggelar kejuaraan skateboard pada tahun 1998 di Jakarta. Ini adalah tahun pertama kalinya City Surf menyelenggarakan kejuaraan skateboard dengan skala lokal. Peserta yang hadir pun tidak terlalu banyak, karena memang masih tergolong olahraga minoritas dan awam. Kelas yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini adalah street course dan mini ramp.
Melihat minat peserta yang sangat antusias dalam mengikuti kejuaraan ini, akhirnya tahun 1999 dan 2000 City Surf menggelar kembali kejuaraan skateboard dengan nama “City Surf Open Skateboard Competition” di Pulo Mas Jakarta Timur. Pada tahun 2001 City Surf mulai mencoba menyelenggarakan kejuaraan skateboard di luar Jakarta. Seri pertama berlokasi di Balai Kota Bandung. Pada saat itu kejuaraan skateboard ataupun olahraga skateboard itu sendiri masih tergolong olahraga yang identik dengan olahraganya orang bule. Seri kedua diselenggarakan di Balai Kota Surabaya. Memang pada tahun tersebut peserta belum sebanyak saat ini. Karena masih banyak yang belum mengetahui bagaimana carra bermain skateboard dan juga dimana harus membeli perlengkapan skateboard. Melalui kejuaraan ini, City Surf juga ingin menginformasikan kepada khalayak, bahwa telah dibuka toko yang menyediakan pakaian, aksesoris dan perlengkapan skateboard dengan nama City Surf.
Sejak itu perkembangan skateboard menunjukkan gejala positif. Sejumlah skateshop dibuka di Jakarta. Skatepark juga dibangun. Geliat positif juga terjadi di sejumlah kota besar di Indonesia. Pihak industri tak tinggal diam, peluang ini dimanfaatkan untuk mendulang untung. Mereka membangun simbosis mutualisme dengan skater dengan menjadi sponsor: memberikan dukungan berupa produk hingga gaji. Skateboard kian bertaji ketika pada 1999 terbentuk Indonesian Skateboarding Association (ISA), sebuah organisasi induk Skateboard Indonesia. ISA tercatat sebagai bagian dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dari cabang Persatuan Olah Raga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi). Sayang, keanggotaan mereka tak menjamin datangnya dukungan pemerintah. Atlet skateboard masih kesulitan mencari tempat berlatih yang memadai. Sarana dan prasarana juga terbatas.
Pada tahun 2002 City Surf memiliki komitmen tinggi akan memasyarakatkan olah raga ini dengan menggelar 3 seri dalam 1 tahun. Seri pertama tahun ini diselenggarakan di kemang skatepark Jakarta pada tanggal 17 Maret 2002. pada saat itu kemang Skatepark adalah skatepark permanen pertama di Jakarta. City Surf Open 1st Series Skateboard Competition ini dipertandingkan 2 kategori. Untuk kategori pertama adalah Street Course. Kategori ini pun dibagi menjadi 4 kelas yaitu Junior under 12 years old, Pemula, Menengah dan Amatir. Kategori yang kedua adalah Bowl. Untuk kategori ini hanya dipertandingkan 1 kelas yaitu Bowl Open.
Bowl adalah skate course yang tergolong baru di Indonesia dan Kemang Skateparklah yang pertama kali membuatnya. Bowl berbentuk mangkuk yang bulatannya bisa berbentuk benar-benar bulat, lonjong ataupun lebih kreatif lagi. Dengan munculnya banyak ide yang gila dan kreatif, akhirnya sering digelar kejuaraan khusus kategori ini yang lebih dikenal dengan Bowl Rider.
City Surf Open 2nd Series Skateboard Competition 2002 atau seri kedua ditahun 2002 diselenggarakan di Buqiet Skatepark Bandung tanggal 13 Juli 2002. Buqiet Skatepark terletak di daerah perbukitan di Bandung tepatnya Jl. Geger Kalong yang merupakan satu-satunya skatepark indoor dengan obstacle permanen yang cukup lengkap.

B.     Teknik-Teknik Dalam Permainan Skateboard
1.      Ollie
Ollie yang merupakan ciptaan dari Alan Gelfand kembali dikembangkan oleh Rodney Mullen. Ollie sendiri merupakan trick yang paling sederhana dan wajib dikuasai oleh para skaters, karena tanpa ollie kita tidak akan bisa melakukan trick-trick yang lainnya, seperti kickflip, heelflip dan pop-shove it. Ollie tertinggi yang pernah tercipta ialah 44,5 inci yang diciptakan oleh Danny Wainwright, namun itu tidak bertahan lama. rekornya dipecahkan oleh Jose Marabotto dari Peru setinggi 50 inci. Namun secara resmi, ollie tertinggi pada kejuaraan skateboard dipegang oleh Alex Bland dengan tinggi 40,125 inci pada “Switch Ollie Competition”.

2.      Klickflip
Kickflip adalah sebuah trick dimana para skateborder harus menendang papannya ketika berada di udara hingga berputar sebanyak 360 derajat dan kemudian kembali lagi ke daratan dengan posisi awal. Nama Rodney Mullen juga terkenal sebagai orang yang mempopulerkan trick ini. Kickflip merupakan salah satu trick new school dalam dunia skateboard.

3.      Impossible
Trick yang satu ini diciptakan oleh Tony Hawk, yang melakukannya di ramps dan half pipes.Di sini para skater hanya perlu melakukan memegang bagian belakang papan diantara kaki kanan dan kaki kiri mereka sambil sedikit jongkok. Trick yang satu ini memang terlihat mudah, namun sebenranya memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi, tidak sedikit yang cedera ketika melakukan trick yang satu ini. Bayangkan Anda berada di udara, diatas papan sambil memegang bagian dari papan dengan waktu yang sangat sedikit sebelum kembali ke daratan. Maka dari itu ramps merupakan media yang sangat membantu untuk melakukan hal ini, kecepatan yang tinggi juga cukup membantu melakukan ini. Selain ramps dan half pipes, pool juga menjadi tempat yang biasa digunakan untuk melakukan trick ini.


BAB III
SIMPULAN


A.     Perkembangan Skateboard
Skateboard petama dilahirkan pada pertengahan tahun antara 1940-1950 an ketika peselancar dari california ingin mencari sesuatu untuk dikendarai ketika air laut tidak berombak.papan pertama dibuat dengan papan yang diberi ban roller skate.
Tahun 1970an frank nasworthty membuat ban skateboard dengan bahan polyurethane atau biasa dipanggil cadillac. Dia berharap agar orang yang gemuk bisa membeli papan skate dan memakainya.
Di Indonesia sendiri perkembangan olah raga skateboard ini masih tergolong sangat baru yakni sekitar tahun 80-an baru ada beberapa orang Indonesia yang menekuni olahraga ini. Pertengahan tahun 90-an semakin banyak pemuda yang bermain skateboard karena sudah ada skateshop yang menjual peralatan skateboard secara lengkap meskipun tidak dengan legal license. Pada tahun 1996 Mr. Craig Huddleston membuka sebuah toko yang menjual Surf, Skate and Street Apparel dengan nama City Surf.
Tahun 1998 adalah tahun pertama kalinya City Surf menyelenggarakan kejuaraan skateboard dengan skala lokal. Peserta yang hadirpun tidak terlalu banyak, karena memang masih tergolong olahraga minoritas dan awam.
B.     Teknik-Teknik Dalam Skateboard
1.      Teknik Ollie
2.      Teknik Klickflip
3.      Teknik Impossible

DAFTAR PUSTAKA

·        www.frontside180.com

No comments: