RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
SMP N 1 Brangsong |
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/1
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan
Bersastra
|
Aspek
|
:
|
Mendengarkan
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Mengapresiasi
dongeng yang diperdengarkan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang
diperdengarkan
|
Indikator
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit (1 x pertemuan)
|
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan
- Materi Pembelajaran
1. Deskripsi tentang pokok-pokok isi dongeng dengan realitas
sekarang
Contoh: Dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih
Tema : Perselisihan antara Bawang Merah dan Bawang Putih
Tokoh : Bawang Merah dan Bawang Putih
Alur : Maju
Perwatakan : Bawang Merah : Jahat
Bawang Putih : Baik, Sabar
- Deskripsi mengenai implementasi isi dongeng dalam masyarakat.
Relevansi
isi dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih dalam kehidupan sekarang
adalah setiap perbuatan akan menuai hasilnya. Orang yang berbuat baik
akan mendapatkan balasan kebaikan begitu pula sebaliknya.
- Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : kontekstual
2. Metode:
a. Inquiri
b. Ceramah
c. Tanya jawab
d. Penugasan
e. Diskusi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Guru memberikan apersepsi singkat dengan bertanya pada siswa tentang sinetron atau Film apa yang siswa sukai
- Guru memberikan motivasi pada siswa dengan memaparkan tujuan dan manfaat jika menguasai kompetensi dasar. Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang.
Kegiatan
Inti
- Guru melakukan Brainstorming dengan siswa mengenai contoh-contoh dongeng
- Guru mengingatkan kembali tentang dongeng Bawang Merah dan Bawang putih
- Siswa diminta untuk menyebutkan isi dari dongeng Bawang Merah dan Bawang putih
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang isi dongeng Bawang Merah dan Bawang putih dengan realitas sekarang di masyarakat
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
- Siswa diminta untuk merangkum isi dongeng Timun Mas
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Siswa diminta untuk berdiskusi dengan teman kelompok mengenai isi dongeng Timun Mas dengan Realitas sekarang.
- Guru memberikan penguatan kepada seluruh siswa tentang hasil diskusi
- Siswa diberikan penjelasan tentang implementasi isi dongeng Timun Mas dengan menyebutkan pesan moral dan menghubungkan dengan realitas sosial dimasyarakat.
Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
- Siswa dan guru merefleksikan pembelajaran hari itu.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber : - Buku paket bahasa dan sastra Indonesia kelas VII
halaman 150-152, penerbit: Bumi Aksara, karangan: Sugeng Subagyo
- Majalah dongeng
- Internet
2.
Media : - Teks dongeng Timun Mas
F. Penilaian
- Penilaian proses
Mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung
- Penilaian hasil
Hasil tes siswa diskusi dalam kelompok
- Seal atau instrumen
Siswa menghubungkan relevansi dongeng dengan kehidupan sekarang
Rubrik
penilaian proses
- No.Aspek yang dinilaiSkorPerolehan skor1.Keseriusan siswa dalam proses pembelajaran1-52.Keaktifan siswa dalam berdiskusi1-53Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan1-54.Kualitas dari pertanyaan dan jawaban siswa1-5
Rubrik
penilaian Menunjukkan relevansi isi dongeng
dengan situasi sekarang
- No.Aspek yang dinilaiSkorPerolehan skor1.Ketepatan isi dongeng1-52.Kesesuaian isi dongeng dengan realitas sekarang.1-5
Brangsong,
Mengetahui
Guru Pamong, Guru Praktikan,
No comments:
Post a Comment