Laman

Tuesday, October 11, 2011

rpp dongeng


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah
:
SMP N 1 Brangsong
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VII/1
Komponen
:
Kemampuan Bersastra
Aspek
:
Mendengarkan
Standar Kompetensi
:
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi Dasar
:
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan
Indikator
:
  • Mampu menemukan isi atau pesan moral dam dongeng.
  • Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit (1 x pertemuan)


  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan

  1. Materi Pembelajaran
1. Deskripsi tentang pokok-pokok isi dongeng dengan realitas sekarang
Contoh: Dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih
Tema : Perselisihan antara Bawang Merah dan Bawang Putih
Tokoh : Bawang Merah dan Bawang Putih
Alur : Maju
Perwatakan : Bawang Merah : Jahat
Bawang Putih : Baik, Sabar
    1. Deskripsi mengenai implementasi isi dongeng dalam masyarakat.
Relevansi isi dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih dalam kehidupan sekarang adalah setiap perbuatan akan menuai hasilnya. Orang yang berbuat baik akan mendapatkan balasan kebaikan begitu pula sebaliknya.
  1. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : kontekstual
2. Metode:
a. Inquiri
b. Ceramah
c. Tanya jawab
d. Penugasan
e. Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
          1. Guru memberikan apersepsi singkat dengan bertanya pada siswa tentang sinetron atau Film apa yang siswa sukai
          2. Guru memberikan motivasi pada siswa dengan memaparkan tujuan dan manfaat jika menguasai kompetensi dasar. Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang.
Kegiatan Inti
                1. Guru melakukan Brainstorming dengan siswa mengenai contoh-contoh dongeng
                2. Guru mengingatkan kembali tentang dongeng Bawang Merah dan Bawang putih
                3. Siswa diminta untuk menyebutkan isi dari dongeng Bawang Merah dan Bawang putih
                4. Siswa menyimak penjelasan guru tentang isi dongeng Bawang Merah dan Bawang putih dengan realitas sekarang di masyarakat
                5. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
                6. Siswa diminta untuk merangkum isi dongeng Timun Mas
                7. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
                8. Siswa diminta untuk berdiskusi dengan teman kelompok mengenai isi dongeng Timun Mas dengan Realitas sekarang.
                9. Guru memberikan penguatan kepada seluruh siswa tentang hasil diskusi
                10. Siswa diberikan penjelasan tentang implementasi isi dongeng Timun Mas dengan menyebutkan pesan moral dan menghubungkan dengan realitas sosial dimasyarakat.

Kegiatan Akhir
  1. Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
  2. Siswa dan guru merefleksikan pembelajaran hari itu.

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber : - Buku paket bahasa dan sastra Indonesia kelas VII halaman 150-152, penerbit: Bumi Aksara, karangan: Sugeng Subagyo
- Majalah dongeng
- Internet
2. Media : - Teks dongeng Timun Mas

F. Penilaian
    1. Penilaian proses
Mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung
    1. Penilaian hasil
Hasil tes siswa diskusi dalam kelompok
    1. Seal atau instrumen
Siswa menghubungkan relevansi dongeng dengan kehidupan sekarang



Rubrik penilaian proses
No.
Aspek yang dinilai
Skor
Perolehan skor
1.
Keseriusan siswa dalam proses pembelajaran
1-5

2.
Keaktifan siswa dalam berdiskusi
1-5

3
Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
1-5

4.
Kualitas dari pertanyaan dan jawaban siswa
1-5





Rubrik penilaian Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
No.
Aspek yang dinilai
Skor
Perolehan skor
1.
Ketepatan isi dongeng
1-5

2.
Kesesuaian isi dongeng dengan realitas sekarang.
1-5



Brangsong,

Mengetahui
Guru Pamong,                                                       Guru Praktikan,


No comments: