RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : |
SMP
N I BRANGSONG
|
Mata Pelajaran | : |
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester | : |
IX/1
|
Standar Kompetensi | : |
6.
Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain.
|
Kopetensi Dasar | : |
6.2 Menyanyikan puisi yang
sudah dimusikalisasi dengan berpedoman
pada kesesuaian isi puisi
dan suasana/irama yang dibangun
|
Indikator | : |
Siswa
mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan
berpedoman
pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun
|
Alokasi Waktu | : |
4
x 40 menit (2 x pertemuan)
|
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyanyikan puisi
yang sudah dimusikalisasi puisi dengan berpedoman pada kesesuaian isi
dan suasana/irama yang dibangun.
- Materi Pembelajaran
Musikalisasi Puisi
Puisi merupakan salah satu
bentuk karya sastra yang salah satu cirinya adalah memperhatikan kata
dan kepaduan bunyi.
Sebagai sebuah karya seni, selain
untuk dibaca atau dinikmati sendiri, puisi juga dapat menjadi sebuah
penampilan seni. Sebuah puisi, jika dibacakan dengan indah dan penuh
penghayatan, merupakan sebuah penampilan seni yang menarik.
Untuk menjadikan pembacaan
puisi lebih ekspresif dan menarik, pembacaan puisi dapat kita kemas
dalam bentuk musikalisasi puisi.
Musikalisasi puisi bukanlah
sekedar membaca puisi dengan iringan musik, tetapi melagukan sebuah
puisi menjadi nyanyian. Dengan
kata lain, sebenarnya musikalisasi selalu diawali dengan penciptaan
puisi.
- Metode Pembelajaran
- Pemodelan
- Tanya jawab
- Inkuiri
- Demonstrasi
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
- Kegiatan awal (8 Menit)
- Guru mengaitkan pengalaman siswa dengan materi pembelajaran tentang musikalisasi puisi.
- Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan musikalisasi puisi
- Guru memberikan motivasi kepada siswa agar membiasakan diri untuk membaca dan mendengarkan puisi untuk memperkaya pengalaman batin.
- Kegiatan inti (60 Menit)
- Siswa mendengarkan lagu yang berjudul ”Berita kepada Kawan” yang dinyanyikan Ebiet G. Ade.
- Siswa memperhatikan dan mencermati syair lagu itu dalam bentuk tulisan.
- Siswa menaggapi syair lagu, mirip puisi atau tidak dengan memberi alasan.
- Siswa bersama guru menyimpulkan bentuk syair lagu “Berita kepada Kawan”.
- Kelas dibagi kelompok, tiap kelompok 5 orang anggota.
- Siswa mencermati contoh puisi yang dimusikalisasi dengan judul ”Aku Ingin” karya dari Sapardi Djoko Damono.
- Dalam kelompok siswa melakukan latihan musikaliasasi puisi. Bila perlu dalam musikalisasi menggunakan musik instrumen atau musik pengiring.
- Kegiatan akhir (12 Mennit)
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Guru memberi tugas mencari sebuah puisi kemudian menentukan musikalisasi puisi.
Pertemuan Kedua
- Kegiatan awal (8 Menit)
- Guru mengaitkan pengalaman siswa dengan materi pembelajaran tentang musikalisasi puisi.
- Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan musikalisasi puisi
- Guru memberikan motivasi kepada siswa agar membiasakan diri untuk membaca dan mendengarkan puisi untuk memperkaya pengalaman batin.
- Siswa bertanya jawab tentang tugas yang telah diberikan oleh guru.
- Beberapa siswa diminta membacakan puisi dengan musikalisasi yang ditentukan oleh siswa.
- Kegiatan inti (60 Menit)
- Siswa secara berkelompok membaca dengan penuh penghayatan teks puisi ysng sudah dimusikalisasi.
- Siswa secara berkelompok menyanyikan puisi ysng sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana atau irama yang dibangun.
- Kegiatan akhir (12 Menit)
- Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
- Siswa dan guru merefleksi proses dan hasil belajar.
- Sumber Belajar
- Rekaman musikalisasi puisi
- Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3A SMP kelas IX., karangan Pardjimin, penerbit Yudhistira halaman 118-120
- Buku Berbahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTS kelas IX., karangan Asep Yudha Wirajaya dan Sudarwati hal 80-83
- Penilaian
a. Teknik :Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen : Uji petik
kerja prosedur
c. Soal/Instrumen : …
- Nyanyikanlah puisi yang sudah dipilih!
Rubrik
penilaian menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi (perlu
disepakati dulu oleh guru
dan
siswa)
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kesesuaian
puisi
|
Puisi
yang dinyanyikan sesuai dengan isi puisi yang sudah dimusikalisasi
|
||||
2
|
Kesesuaian
irama/
Suasana
|
Puisi
yang dinyanyikan sesuai dengan isi irama/ suasana yang dibangun
|
||||
3
|
Kesesuaian
visualisasi
|
Visualisasi
mendukung isi dan suasana/
irama
yang dibangun
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Pelafalan
kata secara jelas dan tepat
|
||||
5
|
Jeda
dan intonasi
|
Pengaturan
jeda, tinggi-rendah nada, keras-
lemah
suara, dan cepat-lambat nayanyian
|
||||
6
|
Penghayatan
|
Puisi
yang dinyanyikan disertai
penghayatan
yang tepat
|
||||
7
|
Gerak/
mimic
|
Keserasian
antara ekspresi wajah, gerak,
Sikap,
dan ucapan
|
Skor
maksimal
No.
1 = 10
No.
2 = 10
No.
3 = 5
No.
4 = 5
No.
5 = 5
No.
6 = 5
No.
7 =10
Jumlah
=50
Saat
siswa melaksanakan perintah soal no 7) dia sudah harus melaksanakan
soal no 1), 2), 3), 4)
5),
6).
Skor Perolehan | ||||
Nilai Akhir | = | -------------------- | x | Skor Ideal (100) |
Skor Maksimal |
Penghitugan
nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Kendal, 6 November 2009
Mengetahui,
Guru Pamong
Guru Praktikan
No comments:
Post a Comment