RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/1
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan
Bersastra
|
Aspek
|
:
|
Mendengarkan
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Mengapresiasi
dongeng yang diperdengarkan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1
Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
Indikator
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit (1 x pertemuan)
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
mampu menemukan hal-hal menarik dari
dongeng yang diperdengarkan
B. Materi Pembelajaran
Deskripsi
tentang dongeng dan contoh-contoh dongeng
Dongeng, merupakan suatu kisah yang di angkat dari pemikiran fiktif
dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan
moral, yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan
mahluk lainnya.
Contoh:
Ande-Ande Lumut, Joko Kendil, Joko Tarub, Sang Kuriang, Bawang Putih
dan Bawang Merah.
- Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : kontekstual
2. Metode:
a. Inquiri
b. Ceramah
c. Tanya jawab
d. Penugasan
e. Diskusi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Guru memberikan apersepsi singkat dengan bertanya pada siswa tentang kegemaran mereka tentang mendengarkan dongeng.
- Guru memberikan motivasi pada siswa dengan memaparkan tujuan dan manfaat jika menguasai kompetensi dasar menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengrkan.
Kegiatan
Inti
- Guru melakukan Brainstorming (pemanasan otak) dengan siswa mengenai kesukaan mereka dengan mendengarkan dongeng
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengertian dongeng dan contoh-contohnya.
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
- Siswa memperhatikan contoh dongeng yang telah dibacakan
- Siswa diminta untuk mencatat hal-hal menarik yang terdapat pada dongeng
- Guru bertanya pada siswa mengenai hal-hal menarik apa yang terdapat pada dongeng
- Siswa diberikan penjelasan bagaimana menemukan ide-ide menarik dalam dongeng kemudian dirubah menjadi hal-hal menarik
- Guru memberikan penugasan pada siswa untuk mencatat hal-hal menarik dari dongeng yang telah didengarkan.
Kegiatan
Akhir
- Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
- Siswa dan guru merefleksikan pembelajaran hari itu.
E
Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber : - Buku paket bahasa dan sastra Indonesia kelas VII
- Buku dongeng
- Internet
2. Media : Teks Dongeng
- Penilaian
- Penilaian proses
Mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung
- Penilaian hasil
Hasil tes siswa menemukan hal-hal menarik dalam dongeng
- Soal atau instrumen
Siswa mengidentifikasi hl-hal menarik yang terdapat dalam dongeng
Rubrik
penilaian proses
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Perolehan skor
|
1.
|
Keseriusan siswa dalam proses
pembelajaran
|
1-5
|
|
2.
|
Keaktifan siswa dalam berdiskusi
|
1-5
|
|
3
|
Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab
pertanyaan
|
1-5
|
|
4.
|
Kualitas dari pertanyaan dan jawaban
siswa
|
1-5
|
Rubrik menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan.
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Perolehan skor
|
1.
|
Kesesuaian ide-ide dalam dongeng
|
1-5
|
|
2.
|
Ketepatan mengubah ide-ide menjadi hal-hal
menarik dalam dongeng
|
1-5
|
......................,………………………
Mengetahui
Guru Pamong, Guru Praktikan,
No comments:
Post a Comment