Laman

Tuesday, October 11, 2011

RPP DONGENG


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah
:
SMP/MTs
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VII/1
Komponen
:
Kemampuan Bersastra
Aspek
:
Mendengarkan
Standar Kompetensi
:
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi Dasar
:
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
Indikator
:
  • Mampu menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
  • Mampu menemukan nilai moral dari dongeng yang diperdengarkan
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit (1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan

B. Materi Pembelajaran
Deskripsi tentang dongeng dan contoh-contoh dongeng
Dongeng, merupakan suatu kisah yang di angkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral, yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan mahluk lainnya.
Contoh: Ande-Ande Lumut, Joko Kendil, Joko Tarub, Sang Kuriang, Bawang Putih dan Bawang Merah.

  1. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : kontekstual
2. Metode:
a. Inquiri
b. Ceramah
c. Tanya jawab
d. Penugasan
e. Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
  1. Guru memberikan apersepsi singkat dengan bertanya pada siswa tentang kegemaran mereka tentang mendengarkan dongeng.
  2. Guru memberikan motivasi pada siswa dengan memaparkan tujuan dan manfaat jika menguasai kompetensi dasar menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengrkan.
Kegiatan Inti
          1. Guru melakukan Brainstorming (pemanasan otak) dengan siswa mengenai kesukaan mereka dengan mendengarkan dongeng
          2. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengertian dongeng dan contoh-contohnya.
          3. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
          4. Siswa memperhatikan contoh dongeng yang telah dibacakan
          5. Siswa diminta untuk mencatat hal-hal menarik yang terdapat pada dongeng
          6. Guru bertanya pada siswa mengenai hal-hal menarik apa yang terdapat pada dongeng
          7. Siswa diberikan penjelasan bagaimana menemukan ide-ide menarik dalam dongeng kemudian dirubah menjadi hal-hal menarik
          8. Guru memberikan penugasan pada siswa untuk mencatat hal-hal menarik dari dongeng yang telah didengarkan.

Kegiatan Akhir
  1. Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
  2. Siswa dan guru merefleksikan pembelajaran hari itu.

E Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber : - Buku paket bahasa dan sastra Indonesia kelas VII
- Buku dongeng
- Internet
2. Media : Teks Dongeng

  1. Penilaian
        1. Penilaian proses
Mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung
        1. Penilaian hasil
Hasil tes siswa menemukan hal-hal menarik dalam dongeng
        1. Soal atau instrumen
Siswa mengidentifikasi hl-hal menarik yang terdapat dalam dongeng




Rubrik penilaian proses
No.
Aspek yang dinilai
Skor
Perolehan skor
1.
Keseriusan siswa dalam proses pembelajaran
1-5

2.
Keaktifan siswa dalam berdiskusi
1-5

3
Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
1-5

4.
Kualitas dari pertanyaan dan jawaban siswa
1-5




Rubrik menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan.
No.
Aspek yang dinilai
Skor
Perolehan skor
1.
Kesesuaian ide-ide dalam dongeng
1-5

2.
Ketepatan mengubah ide-ide menjadi hal-hal menarik dalam dongeng
1-5




......................,………………………

Mengetahui
Guru Pamong,                                                                     Guru Praktikan,





No comments: