RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/I
Aspek : Menulis Sastra
Standar Kompetensi : 8.
Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan dan
pengalaman dalam
cerita pendek
Kompetensi Dasar : 8.2
Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang
pernah dialami
Indikator : Mampu menulis
cerita pendek bertolak dari peristiwa yang
pernah dialami
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit (2 x pertemuan)
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah
dialami.
- MATERI PEMBELAJARAN
Cerita pendek
- METODE PEMBELAJARAN
- Penugasan
- Inkuiri
- Diskusi
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
- Kegiatan Awal
- Siswa mendata ciri-ciri cerpen
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang cerpen
- Kegiatan Inti
- Siswa mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami
- Siswa memilih peristiwa yang paling mengesankan
- Siswa menentukan konflik cerita
- Siswa merangkai peristiwa menjadi alur
- Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan II
- Kegiatan Awal
- Guru dan siswa mengingat kembali hal-hal yang sudah dilakukan pada pertemuan yang pertama
- Kegiatan Inti
- Siswa mengembangkan alur menjadi cerpen
- Siswa menyunting cerpen karya sendiri
- Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- SUMBER BELAJAR
- Pengalaman pribadi / buku harian
- Cerpen dalam majalah/ surat kabar
- PENILAIAN
- Teknik penilaian : Tes unjuk kerja/ portofolio
- Bentuk instrumen : Uji petik kerja proses dan produk
- Soal/Instrumen :
Tulislah cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan
langkah :
- Datalah peristiwa yang pernah kamu alami
- Pilihlah satu peristiwa yang berkonflik
- Tentukan alur cerita
- Kembangkan alur cerita menjadi sebuah cerpen
- Menyunting cerpen
No comments:
Post a Comment