RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
SMP N 1 Brangsong |
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/1
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan
Bersastra
|
Aspek
|
:
|
Berbicara
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Mengekspresikan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.1
Bercerita dengan urutan yang yang baik
, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
Indikator
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit (1 x pertemuan)
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal,
intonasi, gestur, dan mimik yang tepat.
B. Materi Pembelajaran
- Deskripsi tentang pengertian cerita
Tuturan
yang membentangkan terjadinya suatu hal atau kejadian
- Deskripsi mengenai cara bercerita yang baik.
Cerita
yang baik yaitu harus memperhatikan suara, lafal,
intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
Suara yang jelas maksudnya adalah suara yang dikeluarkan terdengar
jelas ditelinga pendengar.
Lafal adalah cara seseorang mengucapkan bunyi bahasa.
Intonasi adalah tinggi rendahnya suara.
Gestur adalah gerakan badan yang digunakan dalam bercerita.
Mimik adalah ekspresi wajah untuk menunjukkan perasaan yang
terkandung dalam isi cerita.
C. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : kontekstual
2. Metode:
a. Inquiri
b. Ceramah
c. Tanya jawab
d. Penugasan
e. Diskusi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Guru bercerita tentang perjalananya waktu berangkat mengajar
- Guru memberikan apersepsi singkat dengan bertanya pada siswa tentang kegemaran mereka bercerita
- Guru memberikan motivasi pada siswa dengan memaparkan tujuan dan manfaat jika menguasai kompetensi dasar Bercerita dengan urutan yang yang baik , suara, lafal, intonasi, gestur, dn mimik yang tepat sekarang.
Kegiatan
Inti
- Guru melakukan brainstorming dengan siswa mengenai cerita-cerita lucu yang sering siswa dengar
- Guru memberikan penjelasan tentang pengertian cerita
- Siswa diberi penjelasan mengenai bercerita yang baik dengan urutan, suara, lafal serta intonasi, gerak dan mimik yang tepat.
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
- Guru mencontohkan cara bercerita yang baik
- Siswa diminta untuk menceritakan cerita ”Kura-kura dan Katak”
- Guru menunjuk siswa secara bergantian untuk maju kedepan kelas kemudian bercerita sesuai dengan urutn yang baik, suara, lafal, intonsi, gestur, dan mimik yang tepat.
- Siswa yang telah maju diberikan penguatan dengan memberikan tepuk tangan.
- Siswa dan guru mengevaluasi hasil bercerita siswa yang telah maju
Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
- Siswa dan guru merefleksikan pembelajaran hari itu.
E. Sumber dam Media Pembelajaran
1. Sumber : - Buku paket bahasa dan sastra Indonesia kelas VII
halaman 150-151, karangan Sugeng-Subagyo, penerbit Bumi aksara.
- Internet
2.
Media : - Teks timus Mas
- Penilaian
- Penilaian proses
Mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung
- Penilaian hasil
Hasil tes bercerita siswa didepan kelas.
- Seal atau instrumen
Bercerita di depan kelas
Rubrik
penilaian proses
-
No.Aspek yang dinilaiSkorPerolehan skor1.Keseriusan siswa dalam proses pembelajaran1-5
2.Keaktifan siswa dalam berdiskusi1-5
3Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan1-5
4.Kualitas dari pertanyaan dan jawaban siswa1-5
Rubrik penilaian
bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal,
intonasi, gestur serta mimik yang tepat.
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Perolehan skor
|
1.
|
Suara dan lafal
|
1-5
|
|
2.
|
Gestur dan mimik
|
1-5
|
|
3
|
Urutan dan intonasi
|
1-5
|
|
......................,………………………
Mengetahui
Guru Pamong, Guru Praktikan,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
SMP N 1 Brangsong |
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/1
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan
Bersastra
|
Aspek
|
:
|
Berbicara
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Mengekspresikan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.2
Bercerita dengan alat peraga
|
Indikator
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit (1 x pertemuan)
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat bercerita dengan alat peraga
B. Materi Pembelajaran
1. Deskripsi tentang pengertian cerita
Tuturan yang membentangkan terjadinya suatu hal atau kejadian
2 Deskripsi mengenai cara bercerita yang baik.
Cerita
yang baik yaitu harus memperhatikan suara, lafal,
intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
Suara yang jelas maksudnya adalah suara yang dikeluarkan terdengar
jelas ditelinga pendengar.
Lafal adalah cara seseorang mengucapkan bunyi bahasa.
Intonasi adalah tinggi rendahnya suara.
Gestur adalah gerakan badan yang digunakan dalam bercerita.
Mimik adalah ekspresi wajah untuk menunjukkan perasaan yang
terkandung dalam isi cerita.
C. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : kontekstual
2. Metode :
a. Inkuiri
b. Ceramah
c. Tanya jawab
d. Penugasan
e. Diskusi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Guru memberikan apersepsi singkat dengan bertanya pada siswa tentang kegemaran mereka menonton wayang.
- Guru memberikan motivasi pada siswa dengan memaparkan tujuan dan manfaat jika menguasai kompetensi dasar
- Bercerita dengan alat peraga
Kegiatan
Inti
- Guru melakukan brainstorming dengan siswa mengenai hebatnya seorang dalang yang mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga
- Guru mereview ulang tentang bagaimana bercerita yang baik
- Siswa diberi penjelasan mengenai bercerita yang baik dengan alat peraga berupa boneka cerita
- Guru mencontohkan bercerita dongeng ”Timun Mas” dengan alat peraga atau boneka.
- Guru memberikan kesempatan siswa maju kedepan kelas secara bergantian bercerita ”Kura-kura dan Katak” dengan alat peraga.
- Siswa yang telah maju diberikan penguatan dengan memberikan tepuk tangan.
- Siswa dan guru mengevaluasi hasil bercerita siswa yang telah maju
Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
- Siswa dan guru merefleksikan pembelajaran hari itu.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber : - Buku paket bahasa dan sastra Indonesia kelas VII,
halaman 150-151, karangan Sugeng-Subagyo, penerbit Bumi aksara.
- Internet
2. Media : - Boneka cerita
F. Penilaian
- Penilaian proses
Mengamati aktivitas siswa selama proses
pembelajaran berlangsung
- Penilaian hasil
Hasil tes bercerita
siswa didepan kelas
- Soal atau instrumen
Bercerita di depan
kelas.
Rubrik
penilaian proses
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Perolehan skor
|
1.
|
Keseriusan siswa dalam proses
pembelajaran
|
1-5
|
|
2.
|
Keaktifan siswa dalam berdiskusi
|
1-5
|
|
3
|
Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab
pertanyaan
|
1-5
|
|
Rubrik
penilaian Bercerita dengan alat peraga
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Perolehan skor
|
1.
|
Suara dan lafal
|
1-5
|
|
2.
|
Gestur dan mimik
|
1-5
|
|
3.
|
Urutan dan intonasi
|
1-5
|
|
4.
|
Penguasaan alat peraga
|
1-5
|
|
......................,………………………
Mengetahui
Guru Pamong, Guru Praktikan,
No comments:
Post a Comment