Laman

Monday, October 10, 2011

RPP SYAIR


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah
:
SMP
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Standar Kompetensi
:
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair.
Kopetensi Dasar
:
5.1 Menemukan tema syair yang diperdengarkan
Indikator
:
(1) Mampu menemukan tema syair yang diperdengarkan.
(2) Mampu menangkap pesan syair yang diperdengarkan.
(3) Mampu menemukan relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan masa kini.
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan.
B.Materi Pembelajaran
Syair merupakan bentuk puisi klasik yang lahir dari pengaruh kebudayaan Arab. Syair memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Terdiri atas empat baris.
b. Tiap baris terdiri atas 8 sampai 10 suku kata.
c. Tidak memiliki sampiran dan isi, semuanya merupakan isi.
d. Berirama akhir a-a-a-a.

Contoh syair
Syair Perahu
Inilah gerangan suatu madah,
Mengantarkan syair terlalu indah,
Membetuli jalan tempat berpindah,
Di sanalah i’tikad diperbetuli sudah.

Wahai muda, kenali dirimu,
Ialah perahu tamsil tubuhmu,
Tiadalah berapa lama hidupmu,
Ke akhirat jua kekal diammu.

Hai muda arif-budiman,
Hasilkan kemudi dengan pedoman,
Alat perahumu juga kerjakan,
Itulah jalan membetuli lisan.
............................................
Hamzah Fansuri
Syair di atas merupakan simbolisasi manusia dalam menuju Tuhan. Penyair mengibaratkan dengan perjalanan di tengah lautan yang bekal utamanya tidak lain hanya keyakinan kepada Tuhan. Disini jelas digambarkan bahwa pertemuan hamba dan Tuhan itu sangat susah. Syair Perahu menekankan perjuangan yang sungguh-sungguh untuk sampai kepada tuhan.

C. Metode Pembelajaran

1. Pemodelan
2. Inkuiri
3. Diskusi
4. Tanya jawab.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan awal
1). Siswa mendengarkan pembacaan syair.
2). Guru mengingatkan siswa tentang bentuk karya sastra khususnya puisi lama.
b. Kegiatan Inti
1). Siswa mendengarkan kembali pembacaan syair.
2). Siswa berdiskusi tentang tema dari syair yang diperdengarkan.
3). Siswa menemukan pesan syair yang diperdengarkan.
4). Siswa menemukan relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan masa kini.
5). Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi.
6). Kelompok yang lain menaggapi hasil diskusi kelompok yang sedang tampil.
c. Kegiatan Akhir
1). Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
2). Guru menugasi siswa untuk menemukan tema syair dari judul yang lainnya.

E. Sumber Belajar

a. Buku pelajaran bahasa indonesia kelas IX SMP, karangan Cucu Aryani, penerbit Yrama Widya halaman 75-78.
b. Buku bahasa indonesia kelas IX SMP, karangan Nurhadi, penerbit Yudistira halaman 60-62.

F. Penilaian

a. Teknik : Tes tulis
b. Bentuk instrumen : Tes uraian
c. Soal /Instrumen :
Dengarkanlah dengan seksama syair berikut ini dengan saksama, kemudian kerjakan hal-hal berikut!
Bidasari Lahir
.....................................................
Anakanda disambut raja bangsawan
Diangkat diriba atas pangkuan
Ditidurkan anakanda serta merawan
Buah hatinya tidurlah Tuan

Tidurlah nyawa tidur anakanda
Tidur cahaya mata Ayahanda
Janganlah sangat bercintakan Bunda
Hendak dibawa bukannya mudah

Tidurlah anakku cahaya mahkota
Aqnak Ayahanda bijilah mata
Tenggelam jangan sangat bercinta
Kuserahkan kepada Tuhan semesta
.......................................................
(dikutip dari puisi lama. Jakarta : Balai Pustaka )

1. Temukan tema syair yang kamu dengarkan!
Pedoman penskoran
No
Kegiatan
skor
1
Siswa menemukan tema syair sesuai dengan isi syair yang didengarkan
10
2
Siswa menemukan tema syair, tetapi tidak sesuai dengan isi syair yang didengarkan
5
3
Siswa tidak menemukan tema syair
0

Skor Maksimum
10
2. Temukan pesan syair yang kamu dengarkan!
No
Kegiatan
Skor
1
Siswa menemukan pesan syair sesuai dengan isi syair yang didengarkan
10
2
Siswa menemukan pesan syair, tetapi tidak sesuai dengan isi syair yang didengarkan
5
3
Siswa tidak menemukan pesan syair
0

Skor Maksimum
10
3. Temukan relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan masa kini!
No
Kegiatan
Skor
1
Siswa menemukan relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan masa kini sesuai dengan isi syair yang didengarkan
10
2
Siswa menemukan relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan masa kini, tetapi tidak sesuai dengan isi syair yang didengarkan
5
3
Siswa tidak menemukan relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan masa kini
0

Skor maksimum
10

Skor total maksimal soal 1,2, dan 3
30

Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100


Skor Perolehan


Nilai Akhir
=
--------------------
x
Skor Ideal (100)


Skor Maksimal




Mengetahui Brangsong, oktober 2009
Guru pamong,                                                                                                      Guru Praktikan,




No comments: