RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/I |
Komponen | : |
Kemampuan
berbahasa
|
Aspek | : |
Membaca
|
Standar Kompetensi |
:
|
3. Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
|
Kompetensi Dasar | : |
3.2 Menemukan
informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku
melalui kegiatan membaca memindai
|
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : |
2 x 40 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
- Mampu menjelaskan membaca memindai indeks buku
- Mampu menemukan informasiyang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
B. Materi Standar
Membaca memindai
indeks buku
Indeks
adalah daftar kata atau istilah penting. Halaman indeks terletak pada
bagian belakang atau akhir sebuah buku. Indeks tersusun menurut
abjad. Setiap indeks dilengkapi dengan nomor halaman buku yang
terletak di belakang istilah itu.
Contoh
Daftar
Indeks
C
Chairil
Anwar 97
D
Denotasi
9
Diagram
77
Distikon
101
I
Iklim
8
Infus
5
Intonasi
10
Investasi
82
Dari
data di atas kita dapat melihat letak halaman tempat kata-kata yang
di cetak miring berada.
- Chairil Anwar 97, maksudnya kata tersebut dalam buku terdapat di halaman 97
- Denotasi 9, maksudnya kata tersebut dalam buku terdapat di halaman 9
- Intonasi 10, maksudnya kata tersebut dalam buku terdapat di halaman 10
C. Teknik Pembelajaran
a. Baca
b. Tanya Jawab
- Dengar-catat
D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Menciptakan lingkungan: salam pembuka
- Guru melakukan brainstorming dengan siswa mengenai memindai indeks buku
- Pretes: melakukan kegiatan tanya jawab mengenai membaca memindai indeks buku
Kegiatan Inti
- Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai membaca memindai indeks buku untuk menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat
- Siswa membaca memindai indeks buku
Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan pembelajaran
- Guru merefleksi pembelajaran dengan memberikan beberapa pertanyaan lisan
- Sumber dan Strategi Pembelajaran
- Indeks Buku
- Buku Paket Bahasa Indonesia
- Penilaian
- Soal
A
Abdurahman Faiz 118,
127, 129
Aeroponik 115
Animisme 2
Antibiotik 5
K
Kolusi 120
Konotasi 1, 9, 10,
11, 12, 13, 68
Konseptual 10
Konservasi 8, 133,
142
Konvensional 6, 8,
10
P
Pahlawan 49, 81, 90,
91, 92, 98, 100, 102, 128
Pemulia 109
Pestisida
5, 110
Polutan 139
Temukan informasi
mengenai hal-hal berikut!
- Di halaman berapakan keterangan tentang kata konotasi dapat ditemukan?
- Di halaman berapakan keterangan tentang kata pahlawan dapat ditemukan?
- Pada halaman 10 terdapat keterangan mengenai apa saja?
- Pada halaman 5 terdapat keterangan mengenai apa saja?
- Kata konservasi terdapat pada halaman berapa?
- Kriteria Penilaian
- NoAspek PengamatanSkor1Ketelitian siswa mencari kata dalam indeks buku252Kecepatan siswa menemukan kata dalam indeks buku253Ketepatan siswa menemukan kata dalam indeks buku254Keruntutan siswa menuliskan halaman dalam indeks buku25Jumlah100
- NoAspek PenilaianSkor1Siswa dapat menemukan kata dalam indeks buku dengan tepat1002Siswa kurang tepat menemukan kata dalam indeks buku703Siswa tidak dapat menemukan kata dalam indeks buku0
Brangsong,
Mengetahui
Guru Pamong, Guru Praktikan,
No comments:
Post a Comment