Laman

Thursday, June 30, 2011

ringkasan skripsi eksperimen:pembelajaran menulis cerpen


Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain Dalam Bentuk DVD Pada Siswa X SMA.

Dalam penelitian ini terdapat tujuh tahapan yang digunakan oleh peneliti. Tujuh tahapan itu sebagai berikut.
·         Tahap potensi dan masalah.
 Pada tahap ini peneliti mencari data tentang potensi dan masalah penelitian, ditunjukkan dengan empirik yang terjadi dilapangan.
·         Tahap pengumpulan data.
Tahapan yang kedua ini peneliti mengumpulkan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan untuk merencanakan produk dimana dapat diharapkan untuk mengatasi masalah.
·         Tahap desain produk.
Peneliti mendesain produk yang akan digunakan dalam pembuatan media pembelajaran menulis cerpen. Desain produk diwujudkan dalam gambar atau bagan, sehingga dapat digunakan sebagai pegangan untuk menilai dan membuatnya.
·         Tahap validasi desain.
Dimana tahap ini adalah sebagai proses kegiatan untuk menilai desain produk.
·         Tahap revisi desain.
Tahap ke lima adalah untuk mengevaluasi tahap empat, yaitu proses perbaikan desain apabila masih terdapat kelemahannya.
·         Tahap uji coba produk.
Pada tahap ini melakukan uji coba media pembelajaran dengan alat pengukur keberhasilan yang dilakukan oleh guru.
·         Tahap revisi produk.
Tahap yang terakhir adalah sebagai perbaikan media pembelajaran apabila saat uji coba masih ada kekurangan.


Variabel Penelitian.
Pada penelitian ini variabel penelitian meliputi variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebas yaitu, media pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dalam bentuk DVD pada siswa X SMA. Sedangkan variabel terikat adalah respon dan perilaku siswa terhadap terhadap media pembelajaran menulis cerpen.


Instrumen Penelitian.
Terdapat dua instrumen pada penelitian ini. Yaitu, angket dan lembar uji validasi prototipe. Angket digunakan unyuk memperoleh data tentang kebutuhan media pembelajaran menulis cerpen. Sedangkan lembar uji validasi prototipe, untuk hasil uji prototipe pembelajaran.

Teknik Pengumpulan Data.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data digunakan untuk menjaring data kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran menulis cerpen. Peneliti mengambil sampel yang terbagi atas sekolah negeri dan sekolah swasta. Yaitu SMA N 12 Semarang dan SMA Teuku Umar.

Teknik Analisis Data.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan analisis faktor, yaitu data yang telah didapatkan dikelompokkan menjadi dua. Pertama, data analisis kebutuhan media pembelajaran penulisan cerpen yang didapat dari angket, yang ditunjukkan kepada siswa dan guru. Kedua, di uji validasi prototipe guru dan ahli sebagai proses perbaikan dan penguatan terhadap produk yang akan dibuat.

No comments: