MODEL PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI PEMANFAATAN KARIKATUR MEDIA MASSA DENGAN TEKNIK GAYA PERSONAL
penulis : AMALIYA, Selly,
Skripsi ini berjudul Model Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Melalui Pemanfaatan Karikatur Media Massa Dengan Teknik Gaya Personal. Penelitian ini berawal dari permasalahan bahwa pembelajaran menulis cerita pendek di SMAN 6 Bandung tidak bervariasi sehingga siswa menjadi jenuh selama proses pembelajaran dan akibatnya hasil tulisan siswa kurang optimal dan biasa saja.
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan siswa kelas XI SMAN 6 Bandung tahun ajaran 2005/2006 dalam keterampilan menulis cerita pendek melalui pemanfaatan karikatur media massa dengan menggunakan teknik gaya personal, serta untuk mengetahui keefektifan teknik gaya personal yang diterapkan kepada siswa dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Teknik gaya personal merupakan salah satu teknik pembelajaran yang sangat berkaitan erat dengan mengenali diri dan potensi diri.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah eksperimen semu Rancangan eksperimen semu yang penulis gunakan adalah rancangan tes awal dan tes akhir dalam satu grup. Penulis hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen.
Teknik penelitian yang penulis gunakan terdiri atas teknik pengumpulan data dan teknik pengolahan data. Teknik pengumpulan data terdiri atas teknik tes, observasi, dan studi pustaka. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji signifikansi (uji-t). Pada uji signifikansi diperoleh thitung (2,73) > dari ttabel (1,67) pada taraf kepercayaan 95%. Adapun pertambahan (gain) 12,31, yakni dari nilai tes awal 54,27 dan nilai tes akhir 66,58. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran sebelum dan sesudah model pembelajaran menulis cerita pendek melalui pemanfaatan karikatur media massa dengan teknik gaya personal diberikan. Hal ini berarti pembelajaran menulis cerita pendek melalui pemanfataan karikatur media massa dengan teknik gaya personal efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pendek.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan kepada guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menggunakan teknik gaya personal dalam pembelajaran menulis apresiasi cerita pendek karena selain efektif, teknik ini pun tergolong praktis dan mudah untuk digunakan
No comments:
Post a Comment