SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : VIII/I
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi berbicara
NO Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
1. 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
1. Etika dalam berwawancara
2. Langkah-langkah berwawancara 1. memahami etika dalam berwawancara
2. merumuskan langkah-langkah berwawancara · mampu menyimpulkan etika dalam berwawancara
· mampu menuliskan langkah-langkah wawancara · tulis
· lisan
uraian 4 X 40 Contoh wawancara
2. 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar 1.Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan
Laporan
2. Bahasa yang baik dan benar
3. Cara menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
1. Memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan laporan
2. Mengerti dan mampu memahami mana yang termasuk bahasa yang baik dan benar
3. Mempraktikkan cara menyampaikan laporan secara lisan dengan 1.mampu menyimpulkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan laporan
2.mampu memahami bahasa yang baik dan benar
3.mampu mempraktikkan cara memyampaikan laporan secara lisan · tulis
· lisan
· tugas individu uraian 4 X 40 Contoh laporan
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : VIII/I
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
NO Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
3. 6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
1. Jenis karakter tokoh
2. bermain peran peran dengan naskah yang ditulis siswa
1. memahami karakter-karakter tokoh
2. bermain peran · mampu menyebutkan karakter-karakter tokoh
· mampu bermain peran dengan naskah yang ditulis siswa
· lisan
praktik 4 X 40 Naskah drama
4. 6.2 Bermain peran sesuai dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa 1. cara berimpovisasi
2. bermain peran sesuai dengan cara improvisasi
1. Memahami cara-cara berimprovisasi
2. bermain peran dengan impovisasi 1. mampu menjelaskan cara-cara berimprovisasi
2.mampu bermain peran dengan impovisasi
· lisan
praktik 4 X 40 Naskah drama
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : VIII/II
Standar Kompetensi : 10. Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
NO Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
5. 10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan 1.Alasan yang baik
2. Cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
1. Memahami bagaimana alasan yang baik
2.menyimpulkan dan mempraktikkan cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
1. Mampu menyebutkan bagaimana alasan
2. Mampu menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
· lisan
praktik 3 X 40 Pembicaraan dalam diskusi
6. 10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun 1. hal- hal yang perlu diperhatikan dalam membawakan acara
2. bahasa yang baik dan benar, serta santun
3.cara membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun 1. memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membawakan acara
2. menyimpulkan bahasa yang baik dan benar, serta santun
3. mempraktikkan cara membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun 1.mampu menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membawakan acara
2. mampu menyimpulkan bahasa yang baik dan benar, serta santun
3. mampu mempraktikkan cara membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun
· lisan
praktik 4 X 40 Contoh susunan acara
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : VIII/II
Standar Kompetensi : 14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
NO Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
7. 14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
1. Perbedaan novel remaja asli dan terjemahan
2. cara mengomentari yang baik
1. mengerti dan memahami perbedaan novel remaja asli dan terjemahan
2. mempraktikkan cara mengomentari yang baik
1. mampu mengerti dan memahami perbedaan novel remaja asli dan terjemahan
2. mampu mempraktikkan cara mengomentari yang baik
· lisan
praktik 4 X 40 Kutipan novel remaja (asli/ terjemahan)
8. 14.2 Menanggapi hal-hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 1. yang termasuk hal-hal menarik dari kutipan novel remaja asli atau terjemahan
2. cara menanggapi hal-hal yang menarik 1. memahami hal-hal menarik dari kutipan novel remaja asli atau terjemahan
2.mempraktikkan cara menanggapi hal-hal yang menarik 1. mampu menjelaskan hal-hal menarik dari kutipan novel remaja asli atau terjemahan
2.mampu mempraktikkan cara menanggapi hal-hal yang menarik
· lisan
praktik 3 X 40 Kutipan novel remaja (asli/ terjemahan)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : VIII/I
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi berbicara
NO Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
1. 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
1. Etika dalam berwawancara
2. Langkah-langkah berwawancara 1. memahami etika dalam berwawancara
2. merumuskan langkah-langkah berwawancara · mampu menyimpulkan etika dalam berwawancara
· mampu menuliskan langkah-langkah wawancara · tulis
· lisan
uraian 4 X 40 Contoh wawancara
2. 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar 1.Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan
Laporan
2. Bahasa yang baik dan benar
3. Cara menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
1. Memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan laporan
2. Mengerti dan mampu memahami mana yang termasuk bahasa yang baik dan benar
3. Mempraktikkan cara menyampaikan laporan secara lisan dengan 1.mampu menyimpulkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan laporan
2.mampu memahami bahasa yang baik dan benar
3.mampu mempraktikkan cara memyampaikan laporan secara lisan · tulis
· lisan
· tugas individu uraian 4 X 40 Contoh laporan
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : VIII/I
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
NO Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
3. 6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
1. Jenis karakter tokoh
2. bermain peran peran dengan naskah yang ditulis siswa
1. memahami karakter-karakter tokoh
2. bermain peran · mampu menyebutkan karakter-karakter tokoh
· mampu bermain peran dengan naskah yang ditulis siswa
· lisan
praktik 4 X 40 Naskah drama
4. 6.2 Bermain peran sesuai dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa 1. cara berimpovisasi
2. bermain peran sesuai dengan cara improvisasi
1. Memahami cara-cara berimprovisasi
2. bermain peran dengan impovisasi 1. mampu menjelaskan cara-cara berimprovisasi
2.mampu bermain peran dengan impovisasi
· lisan
praktik 4 X 40 Naskah drama
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : VIII/II
Standar Kompetensi : 10. Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
NO Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
5. 10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan 1.Alasan yang baik
2. Cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
1. Memahami bagaimana alasan yang baik
2.menyimpulkan dan mempraktikkan cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
1. Mampu menyebutkan bagaimana alasan
2. Mampu menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
· lisan
praktik 3 X 40 Pembicaraan dalam diskusi
6. 10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun 1. hal- hal yang perlu diperhatikan dalam membawakan acara
2. bahasa yang baik dan benar, serta santun
3.cara membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun 1. memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membawakan acara
2. menyimpulkan bahasa yang baik dan benar, serta santun
3. mempraktikkan cara membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun 1.mampu menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membawakan acara
2. mampu menyimpulkan bahasa yang baik dan benar, serta santun
3. mampu mempraktikkan cara membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun
· lisan
praktik 4 X 40 Contoh susunan acara
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : VIII/II
Standar Kompetensi : 14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
NO Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
7. 14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
1. Perbedaan novel remaja asli dan terjemahan
2. cara mengomentari yang baik
1. mengerti dan memahami perbedaan novel remaja asli dan terjemahan
2. mempraktikkan cara mengomentari yang baik
1. mampu mengerti dan memahami perbedaan novel remaja asli dan terjemahan
2. mampu mempraktikkan cara mengomentari yang baik
· lisan
praktik 4 X 40 Kutipan novel remaja (asli/ terjemahan)
8. 14.2 Menanggapi hal-hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 1. yang termasuk hal-hal menarik dari kutipan novel remaja asli atau terjemahan
2. cara menanggapi hal-hal yang menarik 1. memahami hal-hal menarik dari kutipan novel remaja asli atau terjemahan
2.mempraktikkan cara menanggapi hal-hal yang menarik 1. mampu menjelaskan hal-hal menarik dari kutipan novel remaja asli atau terjemahan
2.mampu mempraktikkan cara menanggapi hal-hal yang menarik
· lisan
praktik 3 X 40 Kutipan novel remaja (asli/ terjemahan)
No comments:
Post a Comment