Jumlah Hari Belajar Efektif
§ Hari Belajar Efektif Semester Gasal = 18 minggu/113 hari
No | Bulan | Hari tidak efektif | Hari belajar efektif |
1. | Juli | 3 minggu/16 hari | 2 minggu/13 hari |
2. | Agustus | 1 minggu | 4 minggu/25 hari |
3. | September | 2 minggu/8 hari | 3 minggu/18 hari |
4. | Oktober | 3 minggu/11 hari | 2 minggu/16 hari |
5. | Nopember | - | 4 minggu/25 hari |
6. | Desember | 2 minggu/11 hari | 3 minggu/16 hari |
Jumlah : 11 minggu/46 hari | Jumlah : 18 minggu/113 hari |
§ Hari Belajar Efektif Semester Genap = 17 minggu/95 hari
No | Bulan | Hari tidak efektif | Hari belajar efektif |
1. | Januari | 1 minggu/3 hari | 4 minggu/24 hari |
2. | Pebruari | 2 hari | 4 minggu/22 hari |
3. | Maret | 1 hari | 5 minggu/25 hari |
4. | April | 1 minggu/5 hari | 4 minggu/21 hari |
5. | Mei | 2 minggu/10 hari | 2 minggu/16 hari |
6. | Juni | 3 minggu/15 hari | 2 minggu/11 hari |
Jumlah : 7 minggu/36 hari | Jumlah : 17 minggu/95 hari |
TUGAS II
JUMLAH JAM PELAJARAN per KD
Semester Gasal
1. Jumlah Minggu Efektif : 18 minggu x 5 jam = 90 jam
2. Jumlah KD = 18 KD
No | KD | JAM |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 | 1.1 Menganalisis laporan 1.2 Menanggapi isi laporan 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar 3.1 menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai 3.2 Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah 3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit 4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar 4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku 4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif 5.1 Menanggapi unsur pementasan drama 5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama 6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa 6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama 7.2 Membuat sinopsis novel remaja indonesia 8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide 8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama | 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 |
Jumlah KD : 18 KD | Jumlah Jam : 90 jam |
Semester Genap
1. Jumlah Minggu Efektif : 17 minggu x 5 jam = 85 jam
2. Jumlah KD = 19 KD
No | KD | JAM |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 | 9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau yang ditonton melalui radio/televisi 9.2 Menemukan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/televisi 10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan 10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun 11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif 11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif 11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas 12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer 12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas 12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif 13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) 15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi 16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai 16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan | 5 5 4 5 4 4 5 5 4 5 4 4 4 4 4 5 4 5 5 |
Jumlah KD : 19 KD | Jumlah Jam : 85 jam |
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
Semester : Gasal
Tahun Ajaran : 2009/2010
Semester | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GANJIL | 3.2 Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah 3.1 menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai 3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit 7.2 Membuat sinopsis novel remaja indonesia 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara 4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar 1.1 Menganalisis laporan 1.2 Menanggapi isi laporan 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama 8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide 6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa 5.1 Menanggapi unsur pementasan drama 4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif 4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku 8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama 6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa 5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama | 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam |
Jumlah KD : 18 KD | Jumlah Jam : 90 Jam |
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
Semester : Genap
Tahun Ajaran : 2009/2010
Semester | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
GENAP | 15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi 16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai 16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan 12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif 9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau yang ditonton melalui radio/televisi 9.2 Menemukan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/televisi 12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas 11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas 14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) 11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif 11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif 10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan 12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer 13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun | 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 5 jam 4 jam 5 jam 4 jam 4 jam 5 jam 4 jam 4 jam 4 jam 5 jam 4 jam 4 jam 4 jam 5 jam |
Jumlah KD : 19 KD | Jumlah Jam : 85 Jam |
No comments:
Post a Comment