Laman

Monday, April 11, 2011

diskusi, debat, sarasehan, seminar, diklat, lokakarya, semiloka, workshop, musyawarah dan kongres


BAB I
PENDAHULUAN

A      Latar Belakang Masalah
B       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah
1.      Apa pengertian diskusi, debat, sarasehan, seminar, diklat, lokakarya, semiloka, workshop, musyawarah dan kongres?
2.      Babaimana model penyelenggaraan diskusi, debat, sarasehan, seminar, diklat, lokakarya, semiloka, workshop, musyawarah dan kongres?
3.      Apa kelebihan dan kekurangan dari diselenggarakannya diskusi, debat, sarasehan, seminar, diklat, lokakarya, semiloka, workshop, musyawarah dan kongres?

BAB II
PEMBAHASAN


Pada dasarnya suatu permasalahan dapat dibahas dengan beberapa cara yaitu seperti diskusi, debat, sarasehan, seminar, diklat (pendidikan dan latihan), lokakarya, semiloka (seminar lokakarya), workshop, musyawarah dan kongres. Semua ini dapat kita gunakan untuk memecahkan suatu masalah/persoalan yang terjadi secara bersama-sama.
A.    Diskusi
Diskusi merupakan suatu pembicaraan untuk memecahkan masalah dengan mengungkapkan pikiran, gagasan, atau pendapat antara dua orang atau lebih atas dasar pertimbangan intelektual. Asas yang mendasari kegiatan diskusi adalah asas berfikir dan bersama. Dengan berpegang pada dua asas tersebut diharapkan agar rumusan simpilan yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan karena sudah dikaji berdasarkan pemikiran banyak orang. Dengan demikian keterlibatan peserta secara aktif dalam hal ini merupakan tuntutan utama.
            Pelaksanaan diskusi dipandu oleh moderator yang bertugas untuk mengatur jalannya diskusi dan notulen yang bertugas mencatat hal-hal penting. Serta peserta diskusi. Untuk dapat bertindak menjadi peserta yang baik dalam sebuah diskusi kita harus tahu betul masalah yang didiskusikan harus dapat pula menangkap uraian yang dikemukakan pembicara agar dapat menanggapinya dengan baik. Salah satu bentuk tanggapan dalam diskusi diantaranya mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan.
            Dari sebuah diskusi nanti akan memperoleh informasi yang dapat memperkaya pengetahuan tentang suatu masalah/topic dari beberapa titik pandang yang berbeda. Pokok-pokok pembicaraan merupakan bagian penting yang dapat diuraikan dalam suatu pembicaraa. Bagian penting itu bias berupa gagasan atau pokok permasalahan.
            Pelaksanaan diskusi dimulai oleh penyaji yang memaparkan permasalahan secara bergantian. Mereka mendiskusikan masalah-masalah yang diajukan hingga menghasilkan kesimpulan dari pendapat-pendapat peserta yang hadir. Untuk memperoleh pendapat-pendapat tersebut moderator memilih beberapa peserta diskusi untuk menyampaikan pendapatnya, dan dicari jalan keluarnya bersama-sama hingga memperoleh kesimpulan guna penyelesaian masalah yang dibahas.
            Kelebihan dari diskusi antara lain:
1.      Membangkitkan pikiran peserta diskusi.
2.      Dapat memecahkan suatu masalah dengan cara menarik kesimpulan dari beberapa pendapat.
3.      Mengemukakan pendapat yang berbeda-beda dalam menanggapi suatu masalah.
Kelemahan dari diskusi :
1.      Memerlukan pemimpin yang terampil.
2.      Sulit dipakai bila kelompok terlalu besar.
3.      Mengharuskan setiap kelompok untuk mempelajari terlebih dahulu masalah yang akan dibahas.
4.      Terkadang waktu tidak mencukupi dan perlu dilanjutkan pada diskusi berikutnya.

B.     Debat
Debat merupakan proses komunikasi lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan pendapat. Setiap pihak yang berdepat pasti akan menyatakan argument, memberikan alas an dengan cara tertentu agar pihak lawan berdebat atau  pihak lain yang mendengarkan perdebatan itu menjadi yakin dan berpihak pada pembicara.
Debat terjadi dimana unsur emosi banyak berperan. Para peserta disini lebih banyak hanya hendak mempertahankan pendapatnya dan kurang mendengarkan pendapat irang lain dengan baik. Dengan demikian suasana lebih ramai dan sifat diskusi yang damai tidak terjadi. Masing-masing peserta hanya mau mendengar pendapatnya sendiri-sendiri dan berkehendak agar peserta lain menyetujui pendapatnya. Disinilah peran seorang moderator/pemimpin debat untuk meredam emosi masing-masing peserta agar debat berjalan dengan baik.
Kelebihan dari debat
1. Membangkitkan pikiran, ide-ide dan gagasan.
2. Mengemukakan pandangan dan argumen  yang berbeda-beda.
3. Mendorong ke analisis lebih lanjut.
4. Memanfaatkan para ahli untuk berpendapat dan proses pemikirannya dapat membelajarkan orang lain.

Kekurangan dari debat
1.                  Sering disertai dengan emosi, sehingga debat berjalan alot dan rumit
2.                  Kesempatan berbicara tidak teratur tetapi cenderung berebutan
3.                  Terlalu banyak interupsi
4.                  Kadang ada unsur pemaksaan kehendak

C.     Sarasehan
Sarasehan adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu.
Model penyelenggaraan Sarasehan yaitu dengan mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh orang banyak dan penyajiannya disajikan oleh para ahli, yang lain sebagai peserta sarasehan mendengarkan pemaparan dari para ahli, dan boleh menanyakan sesuatu yang belum dimengerti apabila dibuka sesi tanya jawab.

D.    Seminar
Seminar adalah suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah dibawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicara dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah.
Pembahasan dalam seminar berpangkal pada makalah atau kertas kerja yang telah disusun sebelumnya oleh beberapa pembicara sesuai dengan pokok-pokok bahasan yang diminta oleh sesuatu panitia penyelenggara. Pokok bahasan yang telah ditentukan, akan dinahas oleh pembicara secara teoritis dan dibagi beberapa subpokok bila bahasan masalahnya terlalu luas. Disini terdapat pula moderator yang bertugas memandu jalannya acara dan mencatat pokok-pokok pembicaraan. Pada awal seminar, dapat dibuka dengan dengan suatu pandangan umum oleh moderator sehingga tujuan seminar terarah. Peserta mendengarkan pokok pembicaraan yang disampaikan pembicara. Pe,bahasan dalam seminar membutuhkan waktu yang lebih lama karena sifatnya yang ilmiah. Apabila pembicara tidak dapat mengendalikan diri maka waktu banyak dipergunakan untuk pembahasan yang kurang penting. Setelah pembicara memaparkan permasalahan dapat dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Setelah semua pertanyaan dari peserta seminar dapat terjawab oleh pembicara maka moderator menyimpulkan permasalah tersebut dan menuup seminar dengan permasalahan yang berhasil dipecahkan.
Kelebihan dari seminar :
1.      Membangkitkan pemikiran yang logis.
2.      Membangkitkan tingkat konsentrasi yang tinggi pada diri peserta.
3.      Membangkitkan ketrampilan berbicara dan ketrampilan mengemukakan pendapat dalam mengenal permasalahan.
4.      Peserta mendapatkan keterangan teoritis yang luas dan mendalam tentang masalah yang diseminarkan.
5.      Peserta dibina untuk bersikap dan berfikir secara ilmiah.

Kelemahan dari seminar :
1.      Memerluakan waktu yang lama.
2.      Peserta menjadi kurang aktif.
3.      Membutuhkan penataan ruang tersendiri.

E.     Diklat
Diklat adalah proses penyelenggaraan belajar mengajar guna meningkatkan kompetensi bagi calon pegawai negeri sipil dan atau proses penyelenggaraan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan Pegawai Negeri Sipil
Diklat diselenggarakan oleh pemerintah,dalam penyelenggaraannya Diklat dipimpin oleh ketua Badan yang bersangkutan dengan jenis Diklat. Peserta Diklat adalah para calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Negeri Sipil. Dalam penyelengaraannya Diklat dilindungi oleh aturan- aturan hukum sehingga peserta tidak boleh melakukan hal- hal yang melanggar hukum
F.      Lokakarya
Lokakarya merupakan suatu acara dimana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya. Sebuah lokakarya merupakn suatu pertemuan ilmiah yang sifatnya kecil.

G.    Semiloka
Semiloka adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul di suatu tempat untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
Pertemuan atau persidangan biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya

H.    Workshop
Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi. Dimaknai dari kata dasarnya Workshop  sendiri adalah tempat kerja bisa juga disebut Bengkel, dimana intinya workshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan teknis dengan didukung alat-alat kerja

I.       Musyawarah
Musyawarah merupakan pertemuan untuk mengambil dan mengeluarkan pendapat yang terbaik dengan menghadapkan satu pendapat dengan pendapat yang lain untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi. Kata musyawarah juga umum diartikan dngan perundingan atau tukar pikiran. Perundingan itu juga disebut musyawarah, karena masing-masing orang yang berunding dimintai atau diharapkan mengeluarkan pendapatnya tentang suatu masalah yang dibicarakan dalam perundingan itu.
Penyelenggaraan musyawarah adalah terdiri dari kelompok orang yang memiliki suatu masalah yang akan dipecahkan. Masing- masing orang dalam kelompok tersebut berhak mengemukakan pendapatnya, pendapat disampaikan secara bergantian  hingga nantinya ditemukan solusi dalam menyelesaikan masalah. Apabila solusi telah ditemukan maka masing-masing orang harus saling mendukung, sehingga musyawarah tersebut mencapai mufakat, dan masalah bisa terselesaikan.
 Kelebihan
1.                              Bersifat lebih kekeluargaan.
2.                              Masing-masing orang atau kelompok dapat memberikan pendapatnya.
3.                              Mufakat atau kebulatan pendapat lebih diutamakan.
4.                              Sikap saling menghormati pendapat harus diutamakan .

Kekurangan
1.                              Dalam pelaksanaannya lebih santai.
2.                              Proses pelaksanaan dapat berjalan lama ( membutuhkan waktu yang lama )
3.                              Peserta yang tidak memiliki argumen cenderung pasif.

J.       Kongres
Kongres merupakan kumpulan beberapa orang untuk membicarakan suatu masalah yang sedang terjadi, biasanya dalam kongres ini masalah yang dibahas dalam lingkup dunia politik.
Kelebihan
1.                              Bersifat kenegaraan, yang dihadiri oleh pejabat-pajabat tinggi
2.                              Dapat memecahkan masalah penting pemerintahan
3.                              Dapat menjalin hubungan baik dengan Negara-negara lain

Kekurangan
1.      Peserta hanya kalangan politik, legislatif
2.      Bersifat lebih luas dan resmi
3.      Hanya membahas masalah-masalah politik dan pemerintahan





No comments: