Laman

Sunday, December 25, 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KLS 8 SM 1



KD 1.1

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
1. Memahami wacana  lisan berbentuk laporan

Kompetensi Dasar
1.1 Meng­­­ana­lisis laporan

Indikator
(1)   Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
(2)   Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat meng­­­ana­lisis laporan

2.    Materi Pembelajaran
Popok-pokok laporan
Penganalisisan laporan perjalanan

3.    Metode Pembelajaran 
Tanya jawab
Modeling
Inkuiri
Diskusi
Brainstorming

4.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Curah pendapat tentang laporan yang ada di TV, misalnya laporan Amanda Manuputi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Siswa mendengarkan laporan
·         Menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat  singkat
·         Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
·         Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
·         Siswa berkelompok untuk membuat  bahan yang akan dipresentasikan tentang urutan laporan.
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya, yaitu siswa ditugasi untuk mendengarkan laporan dalam acara di TV.

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan mendengarkan laporan untuk tugas sebelumnya
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
·         Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kelompok sementara kelompok lain wajib mengajukan pertanyaan / memberikan tanggapan
·         Kelompok lain mempresentasikan hasil kelompok sementara yang lain  menanggapi/bertanya.
·         Siswa menyimpulkan urutan laporan yang didengarkan secara pleno
·         Tanya jawab tentang kesimpulan, sebagai upaya penajaman isi pembelajaran
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa bertepuk tangan sebagai tanda keberhasilan pembelajaran

5.    Sumber Belajar
Bagan struktur laporan
Teks laporan
VCD
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS MGMP Bahasa Indonesia

6.    Penilaian
a. Teknik                           :  lisan dan tulisan
b. Bentuk   instrumen        :  Daftar pertanyaan
c. Soal /Instrumen             :
   1)   Dengarkan laporan berikut, kemudian catatlah isinya dan berikan komentar !

Nama siswa                : ......................................
Tanggal                       :  .....................................
Yang diwawancarai    :  ....................................

Aspek
Deskriptor
ya
tidak
Kelengkapan dan kesesuaian isi
1) hasil simakan berisi tahapan peristiwa dalam laporan yang didengarkan dari awal sampai akhir
2) hasil simakan sesuai dengan yang diperdengarkan
3) Hasil simakan mengandung rincian isi poko laporan


Pemberian tanggapan
4) memberikan penjelasan tentang pola laporan , urutan    waktu atau ruang.
5) Penggunaan bahasa dalam laporan



5 unsur teramati = 10
4 unsur teramati = 8,5
3 unsur teramati = 7,5
Di bawah 3 nsur teramati = tidak tuntas








2)    Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses menyimak, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.


  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 2.2

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
2. Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara

Kompetensi Dasar
2.2 Menya­mpaikan laporan se­cara lisan dengan ba­hasa yang baik dan benar

Indikator
1)      Mendengarkan laporan perjalanan (model)
2)      Menanggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi
3)      Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
4)      Berlatih menyampaikan laporan
5)      Menyampaikan laporan secara pribadi
Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menya­mpaikan laporan se­cara lisan dengan ba­hasa yang baik dan benar

2. Materi Pembelajaran
Cara menanggapi laporan
Pokok-pokok laporan
Penyampaian laporan perjalanan

3. Metode Pembelajaran 
Pemodelan
Tanya jawab
Inkuiri
Demonstrasi
Pemberian tugas

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal    
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Mendengarkan laporan dari model atau guru
·         Menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
·         Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
·         Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan  sebelumnya
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
·         Siswa melaporkan laporan secara individu
·         Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
·         Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil  dan memberikan komentar
·         Siswa dan guru menentukan tiga pelapor terbaik
·         Tiga pelapor terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara melapor yang baik.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu

5. Sumber Belajar
VCD
Narasumber
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6. Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen             :
1) Buatlah 5 pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan kegiatan perftandingan antarkelas yang dilaksanakan oleh OSIS! (skor setiap soal 2)
2) Laporkan secara individu di depan kelas dengan baik !


Rubrik penilaian
Nama siswa                : ......................................
Tanggal                       :  .....................................
Tema/judul laporan     :  ....................................

No.
Aspek
Deskriptor
D
C
B
A
1
Kesesuaian isi
Isi laporan sesuai dengan tema (lengkap, cermat)




2
Bahasa
Menggunakan bahasa yang baik dan benar




3
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




4
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat




5
Gerak/mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan


















Skor :
D    = 2
C    = 3
B    = 4
A    = 5
Jumlah skor maksimal = 25,  Nilai maksimal  25 x 4 = 100



  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 4.1

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk

Kompetensi Dasar
Menulis laporan de­ngan baha­sa yang ba­ik dan be­nar


Indikator
Mampu menyusun kerangka la­poran berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
Mampu mengembangkan kerang­ka laporan dengan bahasa yang komunikatif

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1.  Tujuan Pembelajaran
       Siswa dapat menulis laporan de­ngan baha­sa yang ba­ik dan be­nar


2.  Materi Pembelajaran
Kerangka laporan, urutan waktu, ruang, tema
Pengembangan kerangka laporan

3.  Metode Pembelajaran  
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi

4.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Mendengarkan laporan
·         Menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat 
Singkat
·         Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
·         Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang
      diperdengarkan.
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi


Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan bercerita sebelumnya
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
·         Siswa menceritakan pengalaman secara individu
·         Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
·         Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil  dan memberikan komentar
·         Siswa dan guru menentukan tiga pencerita terbaik
·         Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
      pembelajaran saat itu

5.  Sumber Belajar
Bagan identifikasi pengalaman
Gambar
VCD
Narasumber
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6.  Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen             :



  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah




......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 8.1

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama

Kompetensi Dasar
8.1 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak dengan mem­perhatikan keaslian ide

Indikator
Mampu menyusun kerangka nas­kah drama yang mengandung ke­aslian ide.
Mampu mengembangkan ke­rang­ka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keas­li­an ide.

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak dengan mem­perhatikan keaslian ide

2.  Materi Pembelajaran
     Kerangka naskah drama
     Pengembangan kerangkah naskah drama menjadi naskah.

3.  Metode Pembelajaran  
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
Tanya Jawab

4.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Siswa membentuk Kelompok
Kegiatan Inti
·         Siswa membaca cerita
·         Siswa mendata cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama
·         Siswa menyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih
·         Siswa bertanya jawab mengenai keaslian ide
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Kedua
      Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang cara penulisan naskah drama yang tepat


      Kegiatan Inti
·        Siswa Menulis naskah drama satu babak berdasrkan cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
      Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

5.  Sumber Belajar
Cerpen
Naskah Drama
Buku Teks
LKS

6.  Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen             :
Susunlah kerangka cerita drama berdasrkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
  



                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah




......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 2
KD 1.2

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
1. Memahami wacana  lisan berbentuk laporan

Kompetensi Dasar
1.2  Me­nang­gapi isi laporan

Indikator
(1)   Mampu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat
(2)   Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman

Alokasi Waktu
:   2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

                                                          
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat meng­­­ana­lisis isi laporan

 2. Materi Pembelajaran
Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasinya
Beberapa kalimat masukan dalam laporan perjalanan

3. Metode Pembelajaran 
Modeling
Pemberian Tugas
Inkuiri
Diskusi
Brainstorming

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Tanya jawab tentang tugas membuat  laporan salah satu kegiatan sekolah
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Mendengarkan laporan perjalan­an salah satu teman
·         Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat
·         Memberikan tanggapan, kritik, saran terhadap laporan perjalan­an secara klasikal
·         Secara berpasangan siswa belajar di luar kelas dengan kegiatan bergantian mendengarkan laporan perjalanan, dan bergantian pula memberikan tanggapan, kritik, dan saran
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang laporan perjalanan.
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Merayakan akhir pembelajaran dengan berucap syukur
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya.


5. Sumber Belajar
Teks Laporan Perjalanan
Kaset Rekaman Laporan Perjalanan
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6. Penilaian
a. Teknik                           :  Observasi
b. Bentuk   instrumen        :  Lembar observasi
c. Soal /Instrumen             :
1)   Dengarkan laporan berikut, kemudian catatlah isinya dan berikan komentar!
Nama siswa                : ......................................
Tanggal                       :  .....................................
Yang diwawancarai    :  ....................................

Aspek
Deskriptor
ya
tidak
Kelengkapan dan kesesuaian isi
1) hasil simakan berisi tahapan peristiwa dalam laporan yang didengarkan dari awal sampai akhir
2) hasil simakan sesuai dengan yang diperdengarkan
3) Hasil simakan mengandung rincian isi poko laporan


Pemberian respon
4) memberikan masukan/pertanyaan berdasarkan pada apa yang didengar
5) Memberikan masukan terhadap pembacaan laporan



5 unsur teramati = 10
4 unsur teramati = 8,5
3 unsur teramati = 7,5
Di bawah 3 unsur teramati = tidak tuntas

 2)   Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses menyimak, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.


  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 2.1

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
2. Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara

Kompetensi Dasar
2.1 Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara

Indikator
Mampu membuat daftar  pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
2.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara

3.    Materi Pembelajaran
Daftar pokok-pokok pertanyaan untuk berwawancara
      Cara berwawancara
      Etika berwawancara

4.    Metode Pembelajaran 
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
Tanya jawab

5.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·          Kegiatan apersepsi
·         Tanya jawab tentang wawancara yang pernah dilihat siswa baik langsung atau tidak langsung
Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Mendengarkan model wawancara
·         Mendiskusikan pokok-pokok pertanyaan model
·         Menentukan narasumber yang akan diwawancarai
·         Menentukan topik wawancara (dapat di dalam dan di luar sekolah)
·         Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara secara kelompok
·         Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan (dapat di dalam
      dan di luar sekolah)
·         Mencatat pokok-pokok hasil wawancara

Kegiatan  Akhir
·          Siswa dan guru melakukan refleksi
·          Memberikan tugas untuk pertemuan kedua

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan  sebelumnya
Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
·         Melakukan wawancara lanjutan dengan narasumber dari berbagai kalangan
·         Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
·         Melaporkan hasil wawancara setiap kelompok
·         Mencatat beberapa etika yang dilanggar dalam wawancara.

Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
       pembelajaran saat itu

6.     Sumber Belajar
Gambar
VCD
Narasumber
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

7.    Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen             :
1) Buatlah 5 pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan kegiatan perftandingan antarkelas yang dilaksanakan oleh OSIS! (skor setiap soal 2)
2) Lakukan wawancara terhadap unit kegiatan di sekolahmu, misalnya Perpustakaan, Kopsis, TU dll !
Rubrik penilaian
Nama siswa                : ......................................
Tanggal                       :  .....................................
Yang diwawancarai    :  ....................................

No.
Aspek
Deskriptor
D
C
B
A
1
Kesesuaian isi
Isi wawancara sesuai dengan tema (lengkap, cermat)




2
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




3
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat




4
Gerak/mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan

















Skor :
D    = 2
C    = 3
B    = 4
A    = 5
Jumlah skor maksimal = 20,  Nilai maksimal  20 x 5 = 100


  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 3.1

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat

Kompetensi Dasar
3.1 Mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/ bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai

Indikator
1)    Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
2)    Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat
3)    Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/ bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai

2. Materi Pembelajaran
Subjek informasi
Mengemukakan informasi

3. Metode Pembelajaran  
Inkuiri
Demonstrasi
Pemberian tugas
Tanya jawab

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
             Kegiatan Inti
·         Menganalisis buku telepon/ ensiklopedi
·         Curah pendapat tentang cara cepat membaca buku telepon/ensiklopedi
·         Siswa menentukan makna 10 kata yang disebutkan guru dalam ensiklopedi secara berpasangan
·         Siswa menentukan makna 10 nomor telepon dari nama yang disebutkan guru dalam ensiklopedi secara berpasangan
  Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Merancang pertemuan kedua, yaitu siswa membawa buku telepon dan kamus/ensiklopedi

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan membaca buku telepon sebelumnya
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
                                          *     Siswa menentukan 10 makna kata dalam ensdiklopedi (10 tercepat pertama: nilai
                                                9, 10 siswa kedua : nilai 85, 10 siswa ketiga: nilai 80, 10 siswa keempat: nilai 75,
                                                sisa siswa yang lain: nilai 70)
                                          *     Siswa menentukan 10 nomor telepon dari nama yang telah disebutkan guru (10
                                                 tercepat pertama: nilai 9, 10 siswa kedua : nilai 85, 10 siswa ketiga: nilai 80, 10  
                                                siswa keempat: nilai 75, sisa siswa yang lain: nilai 70)
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

5.  Sumber Belajar
Buku Telepon
Ensiklopedi
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6.  Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur
c. Soal /Instrumen             :
1)  Temukan secara cepat 10 makna kata dalam ensiklopedi/kamus berikut!
      a. eksotis                                 b. Zebra
      c. sunami                                d. Internet
      e. opini                                     f. Korupsi
      g. efektif                                  h. Damai
      i.  sunyi                                    j.  Kumuh

2)  Tentukan nomor telepon dari 10 nama berikut!
      a. Bambang Budi Sas (Batu)              b. Tamu (lawang)
      c. Rudi (Dampit)                                 d. Glen Rungkat (Singosari)
      e. Atim (Donomulyo)                          f. Abdul Rozaq (Tumpang)
      g. Bima Arif (Karang Ploso)                h. Tamyis (Turen)
      i.  Nurhayati P (Karang Ploso)            j.  Zunanik (Turen)

Ketentuan Penilaian Soal 1
Nomor
Deskriptor
sekor
1
10 tercepat pertama dan benar
90-100
2
10 kedua dan benar
85
3
10 ketiga dan benar
80
4
10 keempat dan benar
75
5
Sisa
- 70








Ketentuan Penilaian Soal 2

Nomor
Deskriptor
sekor
1
10 tercepat pertama dan benar
90-100
2
10 kedua dan benar
85
3
10 ketiga dan benar
80
4
10 keempat dan benar
75
5
Sisa
- 70

Nilai: hasil sekor 1 ditambah sekor 2, dibagi 2.
 Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses membaca, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.    



                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah




......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 6.2

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran

Kompetensi Dasar
6.2 Bermain pe­ran dengan cara impro­vi­sasi sesuai de­ngan ke­rangka nas­kah yang di­tulis oleh sis­wa


Indikator
1)    Mampu menentukan karakter to­koh
2)    Mampu berimprovisasi berdasar­kan kerangka naskah

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat bermain pe­ran dengan cara impro­vi­sasi sesuai de­ngan ke­rangka nas­kah yang di­tulis oleh sis­wa

2.  Materi Pembelajaran
Karakter tokoh
Improvisasi berdasarkan kerangka naskah

3.  Metode Pembelajaran  
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi

4.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Intii
·         Membaca teks drama yang telah ditulis
·         Menentukan karakter tokoh
·         Memilih tokoh yang akan diperankan
·         Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
Kegiatan Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang karakter tokoh yang akan diperankan
Kegiatan Inti
·         Siswa mampu berolah vokal dengan benar
·         Siswa menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang diperankan
·         Siswa mampu berimprovisasi berdasarkan kerangka naskah
·         Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil  dan memberikan komentar
·         Siswa dan guru menentukan tiga pemeran terbaik
·         Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
      Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bermain peran sesuai dengan tokoh dengan improvisasi yang benar.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
      pembelajaran saat itu

5.  Sumber Belajar
Teks Drama
VCD
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

7.  Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Tes Simulasi
c. Soal /Instrumen             :
            Bagaimana karakter tokoh drama yang kamu baca ?
            Perankan tokoh sesuai dengan karakter dan kerangka dengan cara improvisasi !
  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 8.2

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama

Kompetensi Dasar
8.2 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak de­ngan mem­perhatikan ka­idah penu­lisan naskah drama

Indikator
1)    Mampu menyusun kerangka cerita drama.
2)    Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperha-tikan kaidah penulisan naskah drama.
Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak de­ngan mem­perhatikan ka­idah penu­lisan naskah drama

2.  Materi Pembelajaran
Kerangka naskah drama
Menulis naskah drama satu babak

3.  Metode Pembelajaran  
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi

4.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
      Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
      Kegiatan Inti
·    Siswa mengamati contoh naskah drama
·    Siswa bertanya jawab mengenai kaidaah penulisan naskah drama
·    Siswa menyusun naskah kerangka drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih
      Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara menyusun kerangka naskah drama yang baik
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
      Kegiatan Inti
·         Siswa menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama  
     Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara menuliskan naskah drama dengan baik
·         Guru dan siswa melakukan refleksi

5.  Sumber Belajar
Buku teks drama
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS

6.  Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen             :

Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama

  


                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah




......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 3
KD 3.1

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat

Kompetensi Dasar
3.1 Mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/ bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai

Indikator
4)    Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
5)    Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat
6)    Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/ bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai

2. Materi Pembelajaran
Subjek informasi
Mengemukakan informasi

3. Metode Pembelajaran  
Inkuiri
Demonstrasi
Pemberian tugas
Tanya jawab

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
    Kegiatan Inti
·         Menganalisis buku telepon/ ensiklopedi
·         Curah pendapat tentang cara cepat membaca buku telepon/ensiklopedi
·         Siswa menentukan makna 10 kata yang disebutkan guru dalam ensiklopedi secara berpasangan
·         Siswa menentukan makna 10 nomor telepon dari nama yang disebutkan guru dalam ensiklopedi secara berpasangan
   Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Merancang pertemuan kedua, yaitu siswa membawa buku telepon dan kamus / ensiklopedi

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan membaca buku telepon sebelumnya
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
      Kegiatan Inti
·         Siswa menentukan 10 makna kata dalam ensdiklopedi (10 tercepat pertama: nilai 9, 10 siswa kedua : nilai 85, 10 siswa ketiga: nilai 80, 10 siswa keempat: nilai 75, sisa siswa yang lain: nilai 70)
·         Siswa menentukan 10 nomor telepon dari nama yang telah disebutkan guru (10 tercepat pertama: nilai 9, 10 siswa kedua : nilai 85, 10 siswa ketiga: nilai 80, 10 siswa keempat: nilai 75, sisa siswa yang lain: nilai 70)
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

5.  Sumber Belajar
Buku Telepon
Ensiklopedi
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6.  Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur
c. Soal /Instrumen             :
1)  Temukan secara cepat 10 makna kata dalam ensiklopedi/kamus berikut!
      a. eksotis                                 b. Zebra
      c. sunami                                d. Internet
      e. opini                                     f. Korupsi
      g. efektif                                  h. Damai
      i.  sunyi                                    j.  Kumuh

2)  Tentukan nomor telepon dari 10 nama berikut!
      ( Ditentukan oleh guru berdasarkan buku telepon )

Ketentuan Penilaian Soal 1

Nomor
Deskriptor
sekor
1
10 tercepat pertama dan benar
90-100
2
10 kedua dan benar
85
3
10 ketiga dan benar
80
4
10 keempat dan benar
75
5
Sisa
- 70










Ketentuan Penilaian Soal 2

Nomor
Deskriptor
sekor
1
10 tercepat pertama dan benar
90-100
2
10 kedua dan benar
85
3
10 ketiga dan benar
80
4
10 keempat dan benar
75
5
Sisa
- 70

Nilai: hasil sekor 1 ditambah sekor 2, dibagi 2.
 Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses membaca, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.    


                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 4.3

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk

Kompetensi Dasar
Menulis petunjuk me­lakukan sesu­atu dengan urutan yang tepat dan meng­guna­kan bahasa yang efektif

Indikator
1)    Mampu mendata urutan melakukan sesuatu
2)    Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk
3)    Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif
4)    Menyunting bahasa petunjuk

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Menulis petunjuk me­lakukan sesu­atu dengan urutan yang tepat dan meng­guna­kan bahasa yang efektif


2. Materi Pembelajaran
    Urutan melakukan sesuatu
    Ciri-ciri bahasa petunjuk
     Menulis petunjuk
     Bahasa efektif
     Menyunting bahasa petunjuk
    

3. Metode Pembelajaran  
Tanya jawab
Pemberian tugas
Inkuiri
Demonstrasi

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Tanya jawab tentang petunjuk melakukan sesuatu
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Membaca contoh petunjuk
·         Menganalisis contoh petunjuk sesuatu secara berkelompok
·         Menyimpulkan bahasa petunjuk dan urutan petunjuk secara berkelompok
·         Membuat petunjuk melakukan sesuatu
·         Mempresentasikan hasil kelompok
·         Kesimpulan
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa ditugasi mengutip bahasa petunjuk dari majalah atau sumber lain

Pertemuan Kedua
     Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang tugas sebelumnya
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
     Kegiatan Inti
·          Menganalisis petunjuk secara berkelompok dari masing-masing siswa
·          Setiap siswa mengedit dan melaporkan tugas masing-masing untuk dinilai guru
·          Beberapa siswa mempresentasikan hasil individu
·          Siswa dan guru menentukan hasil siswa terbaik untuk ditempel
·          Tiga terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan  Akhir
·          Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan.
·          Siswa dan guru melakukan refleksi
·          Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
                pembelajaran saat itu

5. Sumber Belajar
VCD
Contoh Petunjuk
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6. Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen             :

1) Buatlah Petunjuk cara belajar yang efektif!

Ketentuan penilaian:

No.
Aspek
Deskriptor
D
C
B
A
1
Kelengkapan
Unsur kelengkapan isi petunjuk




2
Urutan
Urutan atau kronologis petunjuk




3
Bahasa
Penggunaan bahasa efektif




4
Sasaran
Sasaran sangat tepat/jitu











Skor :
D    = 2
C    = 3
B    = 4
A    = 5
Jumlah skor maksimal = 20,  Nilai maksimal  20 x 5 = 100








Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses pembelajaran, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.    
  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah




......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 6.1

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran

Kompetensi Dasar
6.1 Bermain peran sesuai dengan nas­kah yang di­tulis  siswa

Indikator
1)    Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa
2)    Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan  intonasi yang tepat

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat bermain peran sesuai dengan nas­kah yang di­tulis  siswa

2.  Materi Pembelajaran
Karakter tokoh
Memerankan tokoh sesuai dengan karakter

3.  Metode Pembelajaran  
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi

4.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Membaca teks drama yang telah ditulis
·         Menentukan karakter tokoh dalam teks drama
·         Berlatih menghayati karakter tokoh
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
·         Siswa bermain peran secara kelompok
·          Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
·         Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil  dan memberikan komentar
·         Siswa dan guru menentukan tiga pemeran terbaik
·         Tiga pemeran terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
      pembelajaran saat itu

5.  Sumber Belajar
Teks drama
VCD
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6.  Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Tes simulasi
c. Soal /Instrumen             :

  

                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 5.2

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
5. Mengapresiasi pementasan drama

Kompetensi Dasar
5.2 Menge­valu­asi pemeran tokoh dalam pementasan drama

Indikator
1)    Mampu menentukan karakter tiap-tiap tokoh
2)    Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menge­valu­asi pemeran tokoh dalam pementasan drama


2.  Materi Pembelajaran
Karakter tokoh
Mengevaluasi karakter tokoh sesuai dengan peran

3.  Metode Pembelajaran  
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi

4.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Siswa mendengarkan / menonton drama ( model )
·         Siswa bertanya jawab tentang karakter masing – masing tokoh
·         Siswa mengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis dari pementasan drama teman
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang pementasan drama

Kegiatan Inti
·         Siswa menonton drama ( model )
·         Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
·         Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil dan memberikan komentar
·         Siswa mengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis dari pementasan drama
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

5.  Sumber Belajar
Teks Drama
Drama
VCD
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6.  Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen             :
            Tulislah karakter tokoh drama yang kamu dengar / tonton
            Berikan penilaian tentang pemeran tokoh dengan alasan yang logis

  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 4
KD 3.2

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat

Kompetensi Dasar
3.2 Mendeskripsikan tem­pat atau arah dalam kon­teks yang se­benarnya se­suai de­ngan yang tertera dalam denah

Indikator
1)    Mampu membaca arah mata angin
2)    Mampu memberikan penjelasan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat
3)    Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju

Alokasi Waktu
:   2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

                                                          
1.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan tem­pat atau arah dalam kon­teks yang se­benarnya se­suai de­ngan yang tertera dalam denah


2.  Materi Pembelajaran
      Denah/ arah mata angin
Menjelaskan denah /arah yang dituju

3.   Metode Pembelajaran  
Inkuiri
Demonstrasi

4.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·          Siswa mencermati petunjuk arah mata angin
·          Siswa bertanya jawab tentang petunjuk arah mata angin
·          Siswa mencermati denah
·          Siswa mendiskusikan perjalananyang paling mudah ke arah tempat yang dituju
·          Siswa mengemukakan rute perjalanan ketempat yang di tuju
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi




5.  Sumber Belajar
Denah
Gambar
LKS Bahasa Indonesia

 6. Penilaian
a. Teknik                           :  Observasi, tes tertulis.
b. Bentuk   instrumen        :  Lembar observasi,  tes tertulis.
c. Soal /Instrumen             :  
            Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya
Kemukakan tempat yang dituju dengan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling dekat !
Uraikan perjalananmu ke arah tempat yang dituju !
  


                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah




......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 4.2

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk

Kompetensi Dasar
 Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku


Indikator
1)    Mampu menentukan sistematika surat dinas
2)    Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku
3)    Mampu menyunting surat dinas
Alokasi Waktu
  2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

                                                          
1.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku
  
2.   Materi Pembelajaran
Sistematika surat dinas
Menulis surat dinas
Bahasa baku
Penyuntingan surat dinas

3. Metode Pembelajaran  
Pemodelan Surat
Inkuiri

4.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Siswa mengamati beberapa surat dinas
·         Siswa mendiskusikan sistematika surat dinas
·         Siswa mendiskusikan penggunaan bahasa dalam surat dinas
·         Siswa bertanya jawab mengenai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
·         Siswa menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
·         Siswa menyunting surat dinas
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru menyimpulkan cara menulis surat dinas dengn sistematika yang tepat
·         Siswa dan guru melakukan refleksi



5. Sumber Belajar
Contoh – contoh surat dinas
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6. Penilaian
a. Teknik                           :  Tes unjuk kerja.
b. Bentuk   instrumen        :  Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen             :
            Tulislah sistematika surat dinas berdasarkan contoh surat dinas yang tersaji
Tulislah surat dinas kepada Kepala Sekolah untuk minta ijin  melakukan kegiatan OSIS di aula ( kamu sebagai ketua OSIS )
  



                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................                            
NIP                                                                                          NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 5.1

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
5. Mengapresiasi pementasan drama
Kompetensi Dasar
5.1 Menang­­gapi unsur pementasan naskah dra­ma

Indikator
1)    Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama
2)    Mampu menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengapresiasi pementasan drama


2. Materi Pembelajaran
    Unsur-unsur pementasan drama
    Menanggapi unsur-unsur pementasan drama

3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
Pemberian tugas

4.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
o    Kegiatan apersepsi
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Siswa menonton pementasan drama
·         Siswa mendiskusikan unsur – unsur drama
·         Menentukan aspek pementasan drama misalnya, tata panggung, busana, properti yang digunakan secara berdiskusi
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru dapat menyimpulkan unsur – unsur pementasan drama
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan pementasan drama sebelumnya
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya




Kegiatan Inti
·         Siswa mengapresiasi pementasan drama (CD, Model Siswa) secara berkelompok
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi secara klasikal
·         Siswa mengapresiasi pementasan drama (CD, Model Siswa) lanjutan secara berkelompok
·         Siswa mampu menanggapi tiap - tiap unsur dengan alasn yang logis
·          
    Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang pementasan drama.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi
·         Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
      pembelajaran saat itu

5. Sumber Belajar
VCD
Modeling
Narasumber
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6. Penilaian
a. Teknik                           :  Observasi
b. Bentuk   instrumen        :  Lembar observasi
c. Soal /Instrumen             :  

   1) Jelaskan unsur-unsur pementasan drama!
   2) Berikanlah tanggapan tentang pementasan drama!
Ketentuan penilaian:

No.
Aspek
Deskriptor
D
C
B
A
1
Unsur 
Unsur pementasan drama




2
Tata ruang
Ketepatan tata ruang




3
Tata busana
Kesesuaian tata busana




4
Tata properti
Ketepatan











Skor :
D    = 2      C    = 3           B    = 4           A    = 5

Jumlah skor maksimal = 20,  Nilai maksimal  20 x 5 = 100

Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses mengapresiasi drama, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.    


                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah



......................................                                                         ......................................
NIP   



                                                                                       NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 7.2

Sekolah
: SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/1
Standar Kompetensi
7. Memahami teks drama dan novel remaja

Kompetensi Dasar
7.2 Membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia

Indikator
1)    Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
2)    Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka si­nopsis

Alokasi Waktu
:   4  X  40 menit ( 2 pertemuan)

                                                          
 1.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia

2.  Materi Pembelajaran
Kerangka novel remaja
Sinopsis novel berdasarkan kerangka novel

3.  Metode Pembelajaran  
Inkuiri
VCD

4.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan awal 
·         Kegiatan apersepsi
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Menentukan kelompok diskusi
Kegiatan Inti
·         Siswa menentukan novel remaja
·         Siswa membaca novel remaja
·         Siswa mendiskusikan cara menentukan kerangka cerita dalam novel remaja
·         Menentukan kerangka novel remaja
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru dapat menyimpulkan cara menentukan kerangka novel remaja
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang Kerangka cerita novel remaja
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya

Kegiatan Inti
·         Siswa dapat menyusun sinopsis novel remaja yang telah dibaca
·         Beberapa siswa membacakan sinopsis novel remaja di depan kelas
·         Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
Kegiatan  Akhir
·         Siswa dan guru melakukan refleksi

5.  Sumber Belajar
Novel Remaja Indonesia
VCD
Media elektronika
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia

6.  Penilaian
a. Teknik                           :  Penugasan
b. Bentuk   instrumen        :  Tugas proyek
c. Soal /Instrumen             :
            Bacalah sebuah novel remaja Indonesia
            Buatlah kerangka dan sinopsis ceritanya
  
                                                                                                ......., ........................
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah





......................................                                                         ......................................
NIP                                                                                          NIP

No comments: