KD 1.1
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan |
Kompetensi Dasar | 1.1 Menganalisis laporan |
Indikator | (1) Mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat (2) Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan. |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menganalisis laporan
2. Materi Pembelajaran
Popok-pokok laporan
Penganalisisan laporan perjalanan
3. Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Modeling
Inkuiri
Diskusi
Brainstorming
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Curah pendapat tentang laporan yang ada di TV, misalnya laporan Amanda Manuputi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Siswa mendengarkan laporan
· Menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
· Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
· Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
· Siswa berkelompok untuk membuat bahan yang akan dipresentasikan tentang urutan laporan.
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya, yaitu siswa ditugasi untuk mendengarkan laporan dalam acara di TV.
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan mendengarkan laporan untuk tugas sebelumnya
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kelompok sementara kelompok lain wajib mengajukan pertanyaan / memberikan tanggapan
· Kelompok lain mempresentasikan hasil kelompok sementara yang lain menanggapi/bertanya.
· Siswa menyimpulkan urutan laporan yang didengarkan secara pleno
· Tanya jawab tentang kesimpulan, sebagai upaya penajaman isi pembelajaran
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa bertepuk tangan sebagai tanda keberhasilan pembelajaran
5. Sumber Belajar
Bagan struktur laporan
Teks laporan
VCD
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS MGMP Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : lisan dan tulisan
b. Bentuk instrumen : Daftar pertanyaan
c. Soal /Instrumen :
1) Dengarkan laporan berikut, kemudian catatlah isinya dan berikan komentar !
Nama siswa : ......................................
Tanggal : .....................................
Yang diwawancarai : ....................................
Aspek | Deskriptor | ya | tidak |
Kelengkapan dan kesesuaian isi | 1) hasil simakan berisi tahapan peristiwa dalam laporan yang didengarkan dari awal sampai akhir 2) hasil simakan sesuai dengan yang diperdengarkan 3) Hasil simakan mengandung rincian isi poko laporan | ||
Pemberian tanggapan | 4) memberikan penjelasan tentang pola laporan , urutan waktu atau ruang. 5) Penggunaan bahasa dalam laporan |
5 unsur teramati = 10
4 unsur teramati = 8,5
3 unsur teramati = 7,5
Di bawah 3 nsur teramati = tidak tuntas
2) Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses menyimak, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 2.2
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 2. Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara |
Kompetensi Dasar | 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar |
Indikator | 1) Mendengarkan laporan perjalanan (model) 2) Menanggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi 3) Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu 4) Berlatih menyampaikan laporan 5) Menyampaikan laporan secara pribadi |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
2. Materi Pembelajaran
Cara menanggapi laporan
Pokok-pokok laporan
Penyampaian laporan perjalanan
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Tanya jawab
Inkuiri
Demonstrasi
Pemberian tugas
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Mendengarkan laporan dari model atau guru
· Menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
· Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
· Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan sebelumnya
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Siswa melaporkan laporan secara individu
· Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
· Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil dan memberikan komentar
· Siswa dan guru menentukan tiga pelapor terbaik
· Tiga pelapor terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara melapor yang baik.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
5. Sumber Belajar
VCD
Narasumber
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen :
1) Buatlah 5 pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan kegiatan perftandingan antarkelas yang dilaksanakan oleh OSIS! (skor setiap soal 2)
2) Laporkan secara individu di depan kelas dengan baik !
Rubrik penilaian
Nama siswa : ......................................
Tanggal : .....................................
Tema/judul laporan : ....................................
No. | Aspek | Deskriptor | D | C | B | A |
1 | Kesesuaian isi | Isi laporan sesuai dengan tema (lengkap, cermat) | ||||
2 | Bahasa | Menggunakan bahasa yang baik dan benar | ||||
3 | Pelafalan | Pelafalan kata secara jelas dan tepat | ||||
4 | Jeda dan Intonasi | Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat | ||||
5 | Gerak/mimik | Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan | ||||
Skor :
D = 2
C = 3
B = 4
A = 5
Jumlah skor maksimal = 25, Nilai maksimal 25 x 4 = 100
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 4.1
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk |
Kompetensi Dasar | Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar |
Indikator | Mampu menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema Mampu mengembangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar
2. Materi Pembelajaran
Kerangka laporan, urutan waktu, ruang, tema
Pengembangan kerangka laporan
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Mendengarkan laporan
· Menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat
Singkat
· Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
· Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang
diperdengarkan.
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan bercerita sebelumnya
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Siswa menceritakan pengalaman secara individu
· Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
· Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil dan memberikan komentar
· Siswa dan guru menentukan tiga pencerita terbaik
· Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
pembelajaran saat itu
5. Sumber Belajar
Bagan identifikasi pengalaman
Gambar
VCD
Narasumber
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen :
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 8.1
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama |
Kompetensi Dasar | 8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide |
Indikator | Mampu menyusun kerangka naskah drama yang mengandung keaslian ide. Mampu mengembangkan kerangka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keaslian ide. |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
2. Materi Pembelajaran
Kerangka naskah drama
Pengembangan kerangkah naskah drama menjadi naskah.
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
Tanya Jawab
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
· Siswa membentuk Kelompok
Kegiatan Inti
· Siswa membaca cerita
· Siswa mendata cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama
· Siswa menyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih
· Siswa bertanya jawab mengenai keaslian ide
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang cara penulisan naskah drama yang tepat
Kegiatan Inti
· Siswa Menulis naskah drama satu babak berdasrkan cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
Cerpen
Naskah Drama
Buku Teks
LKS
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen :
Susunlah kerangka cerita drama berdasrkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 2
KD 1.2
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan |
Kompetensi Dasar | 1.2 Menanggapi isi laporan |
Indikator | (1) Mampu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat (2) Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman |
Alokasi Waktu | : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menganalisis isi laporan
2. Materi Pembelajaran
Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasinya
Beberapa kalimat masukan dalam laporan perjalanan
3. Metode Pembelajaran
Modeling
Pemberian Tugas
Inkuiri
Diskusi
Brainstorming
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Tanya jawab tentang tugas membuat laporan salah satu kegiatan sekolah
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Mendengarkan laporan perjalanan salah satu teman
· Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat
· Memberikan tanggapan, kritik, saran terhadap laporan perjalanan secara klasikal
· Secara berpasangan siswa belajar di luar kelas dengan kegiatan bergantian mendengarkan laporan perjalanan, dan bergantian pula memberikan tanggapan, kritik, dan saran
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang laporan perjalanan.
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Merayakan akhir pembelajaran dengan berucap syukur
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya.
5. Sumber Belajar
Teks Laporan Perjalanan
Kaset Rekaman Laporan Perjalanan
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Observasi
b. Bentuk instrumen : Lembar observasi
c. Soal /Instrumen :
1) Dengarkan laporan berikut, kemudian catatlah isinya dan berikan komentar!
Nama siswa : ......................................
Tanggal : .....................................
Yang diwawancarai : ....................................
Aspek | Deskriptor | ya | tidak |
Kelengkapan dan kesesuaian isi | 1) hasil simakan berisi tahapan peristiwa dalam laporan yang didengarkan dari awal sampai akhir 2) hasil simakan sesuai dengan yang diperdengarkan 3) Hasil simakan mengandung rincian isi poko laporan | ||
Pemberian respon | 4) memberikan masukan/pertanyaan berdasarkan pada apa yang didengar 5) Memberikan masukan terhadap pembacaan laporan |
5 unsur teramati = 10
4 unsur teramati = 8,5
3 unsur teramati = 7,5
Di bawah 3 unsur teramati = tidak tuntas
2) Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses menyimak, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 2.1
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 2. Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara |
Kompetensi Dasar | 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara |
Indikator | Mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
2. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara
3. Materi Pembelajaran
Daftar pokok-pokok pertanyaan untuk berwawancara
Cara berwawancara
Etika berwawancara
4. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
Tanya jawab
5. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Tanya jawab tentang wawancara yang pernah dilihat siswa baik langsung atau tidak langsung
Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Mendengarkan model wawancara
· Mendiskusikan pokok-pokok pertanyaan model
· Menentukan narasumber yang akan diwawancarai
· Menentukan topik wawancara (dapat di dalam dan di luar sekolah)
· Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara secara kelompok
· Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan (dapat di dalam
dan di luar sekolah)
· Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Memberikan tugas untuk pertemuan kedua
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan sebelumnya
Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Melakukan wawancara lanjutan dengan narasumber dari berbagai kalangan
· Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
· Melaporkan hasil wawancara setiap kelompok
· Mencatat beberapa etika yang dilanggar dalam wawancara.
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
pembelajaran saat itu
6. Sumber Belajar
Gambar
VCD
Narasumber
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
7. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen :
1) Buatlah 5 pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan kegiatan perftandingan antarkelas yang dilaksanakan oleh OSIS! (skor setiap soal 2)
2) Lakukan wawancara terhadap unit kegiatan di sekolahmu, misalnya Perpustakaan, Kopsis, TU dll !
Rubrik penilaian
Nama siswa : ......................................
Tanggal : .....................................
Yang diwawancarai : ....................................
No. | Aspek | Deskriptor | D | C | B | A |
1 | Kesesuaian isi | Isi wawancara sesuai dengan tema (lengkap, cermat) | ||||
2 | Pelafalan | Pelafalan kata secara jelas dan tepat | ||||
3 | Jeda dan Intonasi | Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat | ||||
4 | Gerak/mimik | Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan | ||||
Skor :
D = 2
C = 3
B = 4
A = 5
Jumlah skor maksimal = 20, Nilai maksimal 20 x 5 = 100
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 3.1
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat |
Kompetensi Dasar | 3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon dengan membaca memindai |
Indikator | 1) Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat 2) Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat 3) Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon dengan membaca memindai
2. Materi Pembelajaran
Subjek informasi
Mengemukakan informasi
3. Metode Pembelajaran
Inkuiri
Demonstrasi
Pemberian tugas
Tanya jawab
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Menganalisis buku telepon/ ensiklopedi
· Curah pendapat tentang cara cepat membaca buku telepon/ensiklopedi
· Siswa menentukan makna 10 kata yang disebutkan guru dalam ensiklopedi secara berpasangan
· Siswa menentukan makna 10 nomor telepon dari nama yang disebutkan guru dalam ensiklopedi secara berpasangan
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Merancang pertemuan kedua, yaitu siswa membawa buku telepon dan kamus/ensiklopedi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan membaca buku telepon sebelumnya
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
* Siswa menentukan 10 makna kata dalam ensdiklopedi (10 tercepat pertama: nilai
9, 10 siswa kedua : nilai 85, 10 siswa ketiga: nilai 80, 10 siswa keempat: nilai 75,
sisa siswa yang lain: nilai 70)
* Siswa menentukan 10 nomor telepon dari nama yang telah disebutkan guru (10
tercepat pertama: nilai 9, 10 siswa kedua : nilai 85, 10 siswa ketiga: nilai 80, 10
siswa keempat: nilai 75, sisa siswa yang lain: nilai 70)
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
Buku Telepon
Ensiklopedi
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur
c. Soal /Instrumen :
1) Temukan secara cepat 10 makna kata dalam ensiklopedi/kamus berikut!
a. eksotis b. Zebra
c. sunami d. Internet
e. opini f. Korupsi
g. efektif h. Damai
i. sunyi j. Kumuh
2) Tentukan nomor telepon dari 10 nama berikut!
a. Bambang Budi Sas (Batu) b. Tamu (lawang)
c. Rudi (Dampit) d. Glen Rungkat (Singosari)
e. Atim (Donomulyo) f. Abdul Rozaq (Tumpang)
g. Bima Arif (Karang Ploso) h. Tamyis (Turen)
i. Nurhayati P (Karang Ploso) j. Zunanik (Turen)
Ketentuan Penilaian Soal 1
Nomor | Deskriptor | sekor |
1 | 10 tercepat pertama dan benar | 90-100 |
2 | 10 kedua dan benar | 85 |
3 | 10 ketiga dan benar | 80 |
4 | 10 keempat dan benar | 75 |
5 | Sisa | - 70 |
Ketentuan Penilaian Soal 2
Nomor | Deskriptor | sekor |
1 | 10 tercepat pertama dan benar | 90-100 |
2 | 10 kedua dan benar | 85 |
3 | 10 ketiga dan benar | 80 |
4 | 10 keempat dan benar | 75 |
5 | Sisa | - 70 |
Nilai: hasil sekor 1 ditambah sekor 2, dibagi 2.
Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses membaca, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 6.2
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran |
Kompetensi Dasar | 6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis oleh siswa |
Indikator | 1) Mampu menentukan karakter tokoh 2) Mampu berimprovisasi berdasarkan kerangka naskah |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis oleh siswa
2. Materi Pembelajaran
Karakter tokoh
Improvisasi berdasarkan kerangka naskah
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Intii
· Membaca teks drama yang telah ditulis
· Menentukan karakter tokoh
· Memilih tokoh yang akan diperankan
· Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang karakter tokoh yang akan diperankan
Kegiatan Inti
· Siswa mampu berolah vokal dengan benar
· Siswa menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang diperankan
· Siswa mampu berimprovisasi berdasarkan kerangka naskah
· Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil dan memberikan komentar
· Siswa dan guru menentukan tiga pemeran terbaik
· Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bermain peran sesuai dengan tokoh dengan improvisasi yang benar.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
pembelajaran saat itu
5. Sumber Belajar
Teks Drama
VCD
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
7. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Tes Simulasi
c. Soal /Instrumen :
Bagaimana karakter tokoh drama yang kamu baca ?
Perankan tokoh sesuai dengan karakter dan kerangka dengan cara improvisasi !
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 8.2
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama |
Kompetensi Dasar | 8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama |
Indikator | 1) Mampu menyusun kerangka cerita drama. 2) Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperha-tikan kaidah penulisan naskah drama. |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
2. Materi Pembelajaran
Kerangka naskah drama
Menulis naskah drama satu babak
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Siswa mengamati contoh naskah drama
· Siswa bertanya jawab mengenai kaidaah penulisan naskah drama
· Siswa menyusun naskah kerangka drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara menyusun kerangka naskah drama yang baik
· Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Siswa menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara menuliskan naskah drama dengan baik
· Guru dan siswa melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
Buku teks drama
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen :
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 3
KD 3.1
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat |
Kompetensi Dasar | 3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon dengan membaca memindai |
Indikator | 4) Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat 5) Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat 6) Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon dengan membaca memindai
2. Materi Pembelajaran
Subjek informasi
Mengemukakan informasi
3. Metode Pembelajaran
Inkuiri
Demonstrasi
Pemberian tugas
Tanya jawab
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Menganalisis buku telepon/ ensiklopedi
· Curah pendapat tentang cara cepat membaca buku telepon/ensiklopedi
· Siswa menentukan makna 10 kata yang disebutkan guru dalam ensiklopedi secara berpasangan
· Siswa menentukan makna 10 nomor telepon dari nama yang disebutkan guru dalam ensiklopedi secara berpasangan
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Merancang pertemuan kedua, yaitu siswa membawa buku telepon dan kamus / ensiklopedi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan membaca buku telepon sebelumnya
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Siswa menentukan 10 makna kata dalam ensdiklopedi (10 tercepat pertama: nilai 9, 10 siswa kedua : nilai 85, 10 siswa ketiga: nilai 80, 10 siswa keempat: nilai 75, sisa siswa yang lain: nilai 70)
· Siswa menentukan 10 nomor telepon dari nama yang telah disebutkan guru (10 tercepat pertama: nilai 9, 10 siswa kedua : nilai 85, 10 siswa ketiga: nilai 80, 10 siswa keempat: nilai 75, sisa siswa yang lain: nilai 70)
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
Buku Telepon
Ensiklopedi
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur
c. Soal /Instrumen :
1) Temukan secara cepat 10 makna kata dalam ensiklopedi/kamus berikut!
a. eksotis b. Zebra
c. sunami d. Internet
e. opini f. Korupsi
g. efektif h. Damai
i. sunyi j. Kumuh
2) Tentukan nomor telepon dari 10 nama berikut!
( Ditentukan oleh guru berdasarkan buku telepon )
Ketentuan Penilaian Soal 1
Nomor | Deskriptor | sekor |
1 | 10 tercepat pertama dan benar | 90-100 |
2 | 10 kedua dan benar | 85 |
3 | 10 ketiga dan benar | 80 |
4 | 10 keempat dan benar | 75 |
5 | Sisa | - 70 |
Ketentuan Penilaian Soal 2
Nomor | Deskriptor | sekor |
1 | 10 tercepat pertama dan benar | 90-100 |
2 | 10 kedua dan benar | 85 |
3 | 10 ketiga dan benar | 80 |
4 | 10 keempat dan benar | 75 |
5 | Sisa | - 70 |
Nilai: hasil sekor 1 ditambah sekor 2, dibagi 2.
Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses membaca, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 4.3
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk |
Kompetensi Dasar | Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif |
Indikator | 1) Mampu mendata urutan melakukan sesuatu 2) Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk 3) Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif 4) Menyunting bahasa petunjuk |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
2. Materi Pembelajaran
Urutan melakukan sesuatu
Ciri-ciri bahasa petunjuk
Menulis petunjuk
Bahasa efektif
Menyunting bahasa petunjuk
3. Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Pemberian tugas
Inkuiri
Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Tanya jawab tentang petunjuk melakukan sesuatu
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Membaca contoh petunjuk
· Menganalisis contoh petunjuk sesuatu secara berkelompok
· Menyimpulkan bahasa petunjuk dan urutan petunjuk secara berkelompok
· Membuat petunjuk melakukan sesuatu
· Mempresentasikan hasil kelompok
· Kesimpulan
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa ditugasi mengutip bahasa petunjuk dari majalah atau sumber lain
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang tugas sebelumnya
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Menganalisis petunjuk secara berkelompok dari masing-masing siswa
· Setiap siswa mengedit dan melaporkan tugas masing-masing untuk dinilai guru
· Beberapa siswa mempresentasikan hasil individu
· Siswa dan guru menentukan hasil siswa terbaik untuk ditempel
· Tiga terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
pembelajaran saat itu
5. Sumber Belajar
VCD
Contoh Petunjuk
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen :
1) Buatlah Petunjuk cara belajar yang efektif!
Ketentuan penilaian:
No. | Aspek | Deskriptor | D | C | B | A |
1 | Kelengkapan | Unsur kelengkapan isi petunjuk | ||||
2 | Urutan | Urutan atau kronologis petunjuk | ||||
3 | Bahasa | Penggunaan bahasa efektif | ||||
4 | Sasaran | Sasaran sangat tepat/jitu | ||||
Skor :
D = 2
C = 3
B = 4
A = 5
Jumlah skor maksimal = 20, Nilai maksimal 20 x 5 = 100
Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses pembelajaran, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 6.1
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran |
Kompetensi Dasar | 6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa |
Indikator | 1) Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa 2) Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
2. Materi Pembelajaran
Karakter tokoh
Memerankan tokoh sesuai dengan karakter
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Membaca teks drama yang telah ditulis
· Menentukan karakter tokoh dalam teks drama
· Berlatih menghayati karakter tokoh
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Siswa bermain peran secara kelompok
· Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
· Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil dan memberikan komentar
· Siswa dan guru menentukan tiga pemeran terbaik
· Tiga pemeran terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
pembelajaran saat itu
5. Sumber Belajar
Teks drama
VCD
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Tes simulasi
c. Soal /Instrumen :
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 5.2
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 5. Mengapresiasi pementasan drama |
Kompetensi Dasar | 5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama |
Indikator | 1) Mampu menentukan karakter tiap-tiap tokoh 2) Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
2. Materi Pembelajaran
Karakter tokoh
Mengevaluasi karakter tokoh sesuai dengan peran
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Siswa mendengarkan / menonton drama ( model )
· Siswa bertanya jawab tentang karakter masing – masing tokoh
· Siswa mengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis dari pementasan drama teman
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang pementasan drama
Kegiatan Inti
· Siswa menonton drama ( model )
· Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
· Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil dan memberikan komentar
· Siswa mengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis dari pementasan drama
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
Teks Drama
Drama
VCD
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen :
Tulislah karakter tokoh drama yang kamu dengar / tonton
Berikan penilaian tentang pemeran tokoh dengan alasan yang logis
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 4
KD 3.2
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat |
Kompetensi Dasar | 3.2 Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah |
Indikator | 1) Mampu membaca arah mata angin 2) Mampu memberikan penjelasan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat 3) Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju |
Alokasi Waktu | : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah
2. Materi Pembelajaran
Denah/ arah mata angin
Menjelaskan denah /arah yang dituju
3. Metode Pembelajaran
Inkuiri
Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Siswa mencermati petunjuk arah mata angin
· Siswa bertanya jawab tentang petunjuk arah mata angin
· Siswa mencermati denah
· Siswa mendiskusikan perjalananyang paling mudah ke arah tempat yang dituju
· Siswa mengemukakan rute perjalanan ketempat yang di tuju
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
Denah
Gambar
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Observasi, tes tertulis.
b. Bentuk instrumen : Lembar observasi, tes tertulis.
c. Soal /Instrumen :
Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya
Kemukakan tempat yang dituju dengan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling dekat !
Uraikan perjalananmu ke arah tempat yang dituju !
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 4.2
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk |
Kompetensi Dasar | Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku |
Indikator | 1) Mampu menentukan sistematika surat dinas 2) Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku 3) Mampu menyunting surat dinas |
Alokasi Waktu | 2 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
2. Materi Pembelajaran
Sistematika surat dinas
Menulis surat dinas
Bahasa baku
Penyuntingan surat dinas
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan Surat
Inkuiri
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Siswa mengamati beberapa surat dinas
· Siswa mendiskusikan sistematika surat dinas
· Siswa mendiskusikan penggunaan bahasa dalam surat dinas
· Siswa bertanya jawab mengenai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
· Siswa menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
· Siswa menyunting surat dinas
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru menyimpulkan cara menulis surat dinas dengn sistematika yang tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
Contoh – contoh surat dinas
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja.
b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen :
Tulislah sistematika surat dinas berdasarkan contoh surat dinas yang tersaji
Tulislah surat dinas kepada Kepala Sekolah untuk minta ijin melakukan kegiatan OSIS di aula ( kamu sebagai ketua OSIS )
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 5.1
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 5. Mengapresiasi pementasan drama |
Kompetensi Dasar | 5.1 Menanggapi unsur pementasan naskah drama |
Indikator | 1) Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama 2) Mampu menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengapresiasi pementasan drama
2. Materi Pembelajaran
Unsur-unsur pementasan drama
Menanggapi unsur-unsur pementasan drama
3. Metode Pembelajaran
Pemodelan
Inkuiri
Demonstrasi
Pemberian tugas
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
o Kegiatan apersepsi
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Siswa menonton pementasan drama
· Siswa mendiskusikan unsur – unsur drama
· Menentukan aspek pementasan drama misalnya, tata panggung, busana, properti yang digunakan secara berdiskusi
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru dapat menyimpulkan unsur – unsur pementasan drama
· Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan pementasan drama sebelumnya
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Siswa mengapresiasi pementasan drama (CD, Model Siswa) secara berkelompok
· Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi secara klasikal
· Siswa mengapresiasi pementasan drama (CD, Model Siswa) lanjutan secara berkelompok
· Siswa mampu menanggapi tiap - tiap unsur dengan alasn yang logis
·
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang pementasan drama.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman
pembelajaran saat itu
5. Sumber Belajar
VCD
Modeling
Narasumber
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Observasi
b. Bentuk instrumen : Lembar observasi
c. Soal /Instrumen :
1) Jelaskan unsur-unsur pementasan drama!
2) Berikanlah tanggapan tentang pementasan drama!
Ketentuan penilaian:
No. | Aspek | Deskriptor | D | C | B | A |
1 | Unsur | Unsur pementasan drama | ||||
2 | Tata ruang | Ketepatan tata ruang | ||||
3 | Tata busana | Kesesuaian tata busana | ||||
4 | Tata properti | Ketepatan | ||||
Skor :
D = 2 C = 3 B = 4 A = 5
Jumlah skor maksimal = 20, Nilai maksimal 20 x 5 = 100
Penilaian proses difokuskan pada ketepatan dalam melakukan proses mengapresiasi drama, kemampuan bekerja sama, dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP
NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 7.2
Sekolah | : SMP |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas /Semester | : VIII/1 |
Standar Kompetensi | 7. Memahami teks drama dan novel remaja |
Kompetensi Dasar | 7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia |
Indikator | 1) Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca 2) Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan) |
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat sinopsis novel remaja Indonesia
2. Materi Pembelajaran
Kerangka novel remaja
Sinopsis novel berdasarkan kerangka novel
3. Metode Pembelajaran
Inkuiri
VCD
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
· Kegiatan apersepsi
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
· Menentukan kelompok diskusi
Kegiatan Inti
· Siswa menentukan novel remaja
· Siswa membaca novel remaja
· Siswa mendiskusikan cara menentukan kerangka cerita dalam novel remaja
· Menentukan kerangka novel remaja
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru dapat menyimpulkan cara menentukan kerangka novel remaja
· Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang Kerangka cerita novel remaja
· Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
· Siswa dapat menyusun sinopsis novel remaja yang telah dibaca
· Beberapa siswa membacakan sinopsis novel remaja di depan kelas
· Beberapa siswa lain dan guru menilai siswa yang tampil
Kegiatan Akhir
· Siswa dan guru melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
Novel Remaja Indonesia
VCD
Media elektronika
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
LKS Bahasa Indonesia
6. Penilaian
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk instrumen : Tugas proyek
c. Soal /Instrumen :
Bacalah sebuah novel remaja Indonesia
Buatlah kerangka dan sinopsis ceritanya
......., ........................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
...................................... ......................................
NIP NIP
No comments:
Post a Comment